Contoh Judul Tesis Menggunakan Metode Kualitatif


Pada dasarnya metode yang digunakan dalam sebuah penelitian sangat beragam bentuknya. Akan tetapi yang cukup popular dikalangan masyarakat adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif. Penggunaan kedua metode ini didasarkan pada tujuan dan jenis penelitian yang digunakan. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal penelitian kualitatif secara mendalam. Oleh karenanya untuk memudahkan pemahaman, berikut akan dibahas contoh judul tesis menggunakan metode kualitatif.

Metode kualitatif lebih terpusat kepada interaksi antara proses dengan kejadian, sehingga hal ini berdampak konteks luar yang semestinya tidak diteliti akan muncul dalam penelitian. Atau dengan kata lain hasil dari penelitian kualitatif lebih luas dibanding penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan metode kuantitatif, fokusnya adalah variabel yang diteliti. Sehingga konteks luar yang muncul di penelitian akan dapat dikontrol.

Selain itu metode kualitatif ini sering digunakan untuk mengkaji hal-hal yang sifatnya khusus dengan setting yang alamiah. Sebagai contoh, judul penelitian atau tesis yang memungkinkan diterapkannya metode ini bisa seperti Konsep Diri Wanita yang Melajang pada Usia Paruh Baya, Dampak Traumatis pada Korban Pemerkosaan, Penyesuaian Sosial pada Homoseksual, Gambaran Penerimaan Diri pada Remaja Tunadaks, dan tentu saja masih banyak yang lainnya.

Dari judul-judul yang telah disebutkan diatas, kita dapat menarik kesimpulan apabila metode kualitatif ini lebih condong ke arah penelitian yang bersifat sosial-psikologi. Meskipun tidak menutup kemungkinan dapat diterapkan di bidang keilmuan yang lain yang sesuai dengan karakteristik penelitian kualitatif yang telah disebutkan di atas. Dari contoh yang telah dikemukakan, akan terlihat bahwa kunci penelitian kualitatif adalah keontetikan. Hal ini jelas berbeda dengan penelitian kuantitatif yang kuncinya terletak pada reabilitas.

Penelitian kualitatif tidak berhenti di situ saja. Apabila kita memperhatikan lebih dalam contoh judul-judul yang ada maka kita akan mendapat gambaran mengenai teknik pengumpulan datanya. Teknik pengumpulan data yang tepat untuk contoh judul-judul diatas adalah wawancara dan observasi. Dalam observasi, peneliti harus terlibat atau berinteraksi dengan subjek guna mendapatkan informasi secara mendetail dan sebanyak mungkin.

Akan tetapi sesungguhnya baik penelitian yang menggunakan metode kualitatif atau kuantitatif memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing. Tujuan artikel mengenai contoh judul tesis menggunakan metode kualitatif ini dibuat adalah untuk memberikan inspirasi kepada pihak-pihak yang tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif.

Selanjutnya : Tips Agar Pemikiran Selalu Berkembang
Sebelumnya: Manfaat Menggunakan Baju Renang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar