Contoh Kalimat Ajakan Dalam Bahasa Indonesia


Dalam kalimat mempunyai beberapa unsur-unsur yang diperlukan dalam penyusunan suatu kalimat, yaitu ada subyek (S), predikat (P), obyek (O), pelengkap (Pel), dan keterangan (Ket). Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ada bermacam-macam jenis kalimat. Adapun jenis kalimat berdasarkan tujuan penggunaannya ada tiga jenis, yaitu kalimat anjuran, kalimat ajakan, dan kalimat permintaan. Dalam pembahasan kali ini akan kita bahas mengenai kalimat ajakan dan contoh kalimat ajakan dalam tata Bahasa Indonesia.

Dalam tata bahasa Indonesia kita mengenal adanya bermacam-mascam jenis kalimat. Adapun pengertian dari kalimat adalah susunan atau gabungan dari dua buah atau beberapa kata, sehingga menghasilkan sesuatu dalam mengungkapkan suatu maksud dan pikiran, baik secara lisan maupun tulisan.

Kalimat memiliki peranan penting dalam tata bahasa Indonesia karena makna yang terkandung dalam suatu susunan kalimat dapat mengantarkan atau mengajak orang lain untuk memahami arti dari suatu kalimat yang diungkapkan secara lisan maupun tulisan.

Sebelum memberikan contoh mengenai kalimat ajakan, ada baiknya kita ketahui dulu pengertian dari kalimat ajakan. Definisi dari kalimat ajakan adalah suatu kalimat yang memiliki fungsi untuk mengajak orang lain dengan tujuan agar orang tersebut mengikuti kemauan kita, sehingga kalimat ajakan ini memiliki hubungannya dengan orang kedua dan agak bersifat seperti kalimat perintah, namun mengalami perluasan.

Contoh Kalimat Ajakan

Kalimat ajakan biasanya dtandai dengan adanya kata silahkan, tolong, ayo, mohon, dan sebagainya. Agar Anda dapat lebih memahami lagi tentang kalimat ajakan, maka perhatikan beberapa contoh dalam kalimat ajakan berikut ini.

  • Silahkan datang dalam acaraku!
  • Silahkan mampir ke rumahku!
  • Tolong Anda isi formulir ini!
  • Tolong dicicipi masakan saya!
  • Ayo pergi dari sini!
  • Ayo datang dalam pertemuan itu!
  • Mohon diperhatikan peraturan yang tertera!
  • Mohon menyumbang sesuai dengan kemampuan!

Itulah beberapa contoh kalimat ajakan dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari dalam kehidupan kita. Kalimat ajakan ini kemungkinan sudah dipelajari dan diajarkan kepada anak-anak sekolah setingkat sekolah dasar, namun tiada salahnya kita bahas lagi kali ini untuk mengingatkan kita dalam penggunaan tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita harus cinta dan bangga dengan Bahasa Persatuan kita bahasa Indonesia.

Selanjutnya : Bentuk Permata Kali Maya
Sebelumnya: Mencerahkan Kulit Sawo Matang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar