Contoh Kalimat Argumentasi Singkat


Apakah Anda pernah adu argumen dengan orang lain? Kalimat seperti apa yang Anda pakai untuk menjelaskan pendapat Anda? Kalimat argumentasi merupakan kalimat yang berisi tentang pernyataan yang disertai alasan. Kalimat argumentasi banyak digunakan dalam beberapa kegiatan, misalnya saja saat sedang musyawarah, diskusi, atau pun rapat. Kalimat argumentasi tersebut mempunyai peran yang sangat penting karena merupakan suatu cara untuk mengemukakan pendapat disertai dengan alasan yang logis. Oleh karena itu, kali ini penulis akan membahas tentang contoh kalimat argumentasi singkat. Tulisan tentang kalimat argumentasi ini hendaknya dapat memberi penjabaran serta penjelasan yang singkat mengenai pengertian, contoh, sekaligus cara menggunakan kalimat argumentasi.

Pentingnya kalimat argumentasi

Kalimat argumentasi penting sekali kehadirannya. Kalimat ini dipakai misalnya dalam musyawarah atau pun rapat. Kalimat ini dituntut untuk ada karena dalam rapat atau musyawarah biasanya dibahas hal-hal yang penting dan memerlukan masukan bersama. Oleh karena itu, diperlukan kalimat argumentasi untuk memberi argumen ataupun masukan pada saat jalannya rapat. Bayangkan saja jika dalam rapat atau pun musyawarah tidak terdapat kalimat argumentasi, maka rapat pun akan berjalan monoton. Tidak ada yang memberi saran sekaligus menyanggahnya.

Kalimat argumentasi juga bisa digunakan dalam penolakan terhadap suatu peristiwa. Contoh dari peristiwa yang memerlukan kalimat argumentasi adalah dibangunnya suatu perusahaan dan belum mendapat izin dari pemerintah atau pun warga setempat. Peristiwa tersebut dapat ditolak dengan menolak pembangunan. Penolakan tersebut adalah penolakan yang berdasar. Penolakan yang berdasar tersebut misalnya, dilarangnya meneruskan pembangunan pabrik karena selain merusak lingkungan, juga belum mendapat izin dari pemerintah setempat.

Cara lain untuk menggunakan kalimat argumentasi adalah ketika mengikuti suatu diskusi dengan mengangkat suatu masalah. Diskusi tersebut dapat ditanggapi dengan sanggahan ataupun penolakan. Tentu saja ini menggunakan kalimat argumentasi yang efektif. Contoh kalimat argumentasi singkat misalnya mengenai larangan untuk membuat sampah sembarangan karena membuang sampah sembarangan dapat merusak lingkungan.

Kalimat argumentasi yang baik

Contoh kalimat argumentasi singkat yang baik adalah kalimat yang mengandung alasan yang logis. Banyak orang mampu memberikan argumen, tetapi tidak dapat memberikan alasan yang logis terhadap apa yang telah ia sampaikan. Seharusnya contoh kalimat argumentasi bersifat singkat juga disertai dengan alasan yang logis. Alasan yang logis diperlukan agar pendengar semakin yakin dengan apa yang telah disampaikan dalam kalimat argumentasi. Oleh karena itu, penggunaan kalimat argumentasi harus diperhatikan benar-benar.

Selanjutnya : Kelemahan Mengikuti Tren Bisnis bagi Pelaku Bisnis
Sebelumnya: Beberapa Contoh Jaringan Ikat Pada Hewan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar