Contoh Karya Ilmiah tentang Novel Bahasa Indonesia


Untuk mencari contoh karya ilmiah tentang novel bahasa Indonesia, datangi saja perpustakaan sekolah  atau telusuri melalui internet, malah lebih mudah dan cepat. Sebelum menyusun karya ilmiah, memang harus mempelajari literatur dulu agar tahu skema tulisan ilmiah yang benar.

Menyusun karya ilmiah merupakan tugas rutin bagi siswa dan mahasiswa. Setiap disiplin ilmu,  termasuk bahasa Indonesia, pasti ada tugas membuat semacam penelitian ilmiah. Kemudian, hasil penelitian ini ditulis menjadi laporan.

Contoh Karya Ilmiah

Karya sastra Indonesia tak lepas dari objek penelitian ilmiah oleh pelajar hingga praktisi pendidikan, dalam negeri maupun luar negeri.  Terutama, novel atau cerita roman dari sastrawan Indonesia yang beragam alirannya.

Setiap novel memiliki gaya penyampaian yang beragam, dan alur cerita yang unik. Dari segi cerita, novel/roman Indonesia dibagi menjadi dua, yakni kelompok sastra lama dan kelompok sastra baru. Kedua kelompok ini masing-masing memiliki karakter berbeda.

Misalnya, contoh karya tulis  yang meneliti novel dari generasi lama, mengulas tentang gaya bahasa tulis yang dipakai oleh kelompok lama.  Siswa dituntut untuk membaca beberapa novel dari berbagai judul karya sastrawan lama. Misalnya, Salahan Asuhan, Sengsara Membawa Nikmat, Siti Nurbaya, dan sebagainya.

Siswa diharuskan menjelaskan bagaimana pemakaian diksi pada gaya bahasa lama. Kemudian, contoh kata serapan Melayu yang jarang dipakai dan padanan kata.

Hal-hal  yang Diteliti dalam Novel

Ada banyak hal sebagai objek penelitian dalam novel Indonesia. Jadi, tak usah bingung ketika disuruh menulis karya ilmiah tentang novel bahasa Indonesia. Berikut ini objek-objek yang banyak diangkat sebagai bahan penelitian.

  • Tema yang Diangkat

Objek yang diteliti antara lain tema yang kerap dikembangkan menjadi novel. Misalnya, tema cinta tak sampai, selingkuh, atau tema perjuangan. Selain itu, background cerita pun menarik untuk diteliti.

  • Misi dari Penulis

Setiap novel pasti memiliki pesan/misi yang ditanamkan melalui novel. Tugas siswa harus bisa menangkap apa misi yang terkandung dalam novel. Siswa harus menguraikan misi dari novel tersebut dalam karya ilmiah.

Demikianlah sekilas tentang contoh karya ilmiah tentang novel bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Bermain Rubik 4x4
Sebelumnya: Jenis-Jenis Chord Piano untuk Memadukan Iringan Musik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar