Mengulas Contoh Karya Tulis Meliputi Pendahuluan

Contoh  karya tulis meliputi pendahuluan merupakan contoh yang dibutuhkan siapa saja yang hendak membuat suatu karya tulis ilmiah. Semua bentuk karya tulis ilmiah memang tidak terlepas dari apa yang disebut pendahuluan. Sangat aneh bila suatu karya tulis ilmiah tidak menyertakan pendahuluan pada bagian depan. Dapat dikatakan bahwa karya tulis tanpa pendahuluan, berarti telah mengenyampingkan aturan pakem pembuatan tulisan ilmiah, serta menghilangkan sisi formalitas yang ada pada karya tersebut.

Pendahuluan ibarat permulaan dari sebuah cerita. Di dalamnya berisi gambaran hal-hal umum yang menyangkut topik yang akan dibahas. Gunanya, agar pembaca bisa mengetahui sekilas tentang apa yang dibahas dalam karya tulis tersebut, arah kerja penyusunan, dan sejauh apa penulis mengupas sebuah masalah/pembatasan masalah.

Bagian-bagian Pendahuluan

Penduhuluan diletakan pada bab satu sebuah karya tulis. Di dalamnya terdiri atas beberapa bagian, yakni sebagai berikut.\

1. Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah merupakan bagian yang berisi tentang penggambaran sebuah masalah dari topik yang akan dikupas atau dibahas pada karya ilmiah tersebut. Pada bagian ini, penulis juga harus menyertakan alasan-alasan yang logis mengapa ia perlu membahas permasalahan tersebut. Seberapa penting permasalahan tersebut untuk dibahas menjadi point yang tidak boleh dikesampingkan.

2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan bagian yang berisi tentang point-point permasalahan yang ditemukan penulis berdasarkan objek yang diteliti. Umumnya, ditulis dalam bentuk kalimat tanya. Kalimat-kalimat tanya tersebut yang nantinya harus dijawab oleh penulis dalam bagian isi. Oleh karena itu, rumusan masalah dengan isi harus singkron.

3. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian merupakan bagian yang berkaitan dengan tujuan apa yang hendak dicapai penulis dalam karya tulisnya. Baik tujuan mengapa ia perlu membuat karya tulis, maupun tujuan mengapa ia perlu mengangkat topik dari karya tulisnya tersebut. Sekilas, tujuan penulis dapat diketahui berdasarkan masalah yang ia kemukakan pada bagian rumusan masalah.

4. Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian merupakan bagian yang berisi penjelasan tentang teknik yang digunakan penulis dalam menyusun karya ilmiahnya. Teknik tersebut meliputi cara penulis mencari data dan menganalisis data-data yang telah diperolehnya.

5. Sistematik Penulisan

Sistematika penulisan merupakan bagian yang berisi tentang tata urutan secara garis besar dalam karya ilmiah tersebut. Dimulai dari urutan yang paling awal hingga paling akhir (semua bab).

Demikian ulasan singkat mengenai contoh karya tulis meliputi pendahuluan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami tata cara penulisan karya ilmiah yang benar.

Loading...
Selanjutnya : Alat Musik Aceh dan Lagu Daerahnya
Sebelumnya: Laporan Keuangan Sederhana yang Sudah Dianalisis Rasio
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar