Contoh Karya Tulis Study Tour Candi Borobudur


Jika Anda adalah siswa SMP kelas 8, biasanya sekolah Anda akan mengadakan study tour ke suatu tempat yang bersejarah di negri ini, lalu Anda akan diberikan tugas untuk menuliskan laporan atau karya tulis. Misalnya saja study tour ke candi Borobudur. Maka dalam membuat laporannya Anda akan memerlukan contoh karya tulis study tour candi Borobudur. Contoh karya tulis study tour memang dapat Anda temukan di berbagai situs.

Namun Anda tidak boleh hanya bersenang-senang saja di sana, tanpa mengerjakan tugas karya tulis tersebut dan mengandalkan sumber di internet untuk mengerjakannya. Anda tetap harus mencatat berbagai hal penting mengenai candi itu, sebagai bahan membuat karya tulis yang menjadi tugas Anda.

Nah, jika bingung dengan formatnya, Anda dapat melihat dari contoh di bawah ini. Namun ingat, isinya harus merupakan hasil karya Anda sendiri.

Format karya tulis:

  1. Judul
  2. Nama pembuat karya tulis, beserta nomer absen dan keterangan lain
  3. Kata pengantar
  4. Daftar isi
  5. Bab I. Bab satu ini biasanya berisi pendahuluan, latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan penulisan makalah serta manfaat apa yang didapat oleh pembaca.
  6. Bab II. Pada Bab dua, penulis harus mulai dengan pembahasan masalah, dan berbagai hal yang menyangkut study tour dan candi Borobudur. Penulis dapat membaginya sendiri menjadi bab-bab yang lebih fokus misalnya: sejarah candi Borobudur, manfaat candi Borobudur, makna candi Borobudur bagi agama Budha dan penganutnya, peran candi Borobudur dalam kemajuan wisata Indonesia, serta lainnya.
  7. Bab III. Nah, pada bab ini, penulis dapat menuliskan kesimpulan yang didapatkan setelah mengikuti study tour tersebut.
  8. Terakhir, jangan lupa sertakan daftar pustaka atau sumber informasi yang penulis dapatkan saat mengerjakan karya tulis tersebut. Bila didapat dari internet, maka tuliskan alamat URL nya.

Dengan mengerjakan karya tulis sebagai laporan hasil study tour yang telah diikuti, Anda dapat melatih kecermatan dalam melihat masalah, dan melatih kemampuan menyusun karya tulis yang baik. Contoh karya tulis study tour candi Borobudur yang Anda buat sendiri tentu akan menambah rasa bangga dan kemampuan Anda sendiri. Jadi usahakan untuk membuat sendiri.

Selanjutnya : Contoh Kasus Dalam Bidang Diplomatik Indonesia
Sebelumnya: Asal Usul Persebaran Manusia Di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar