Contoh Kata Bijak Alkitab


Contoh kata bijak Alkitab bukan hanya merupakan kata-kata bernuansa indah yang bisa menggiring kita pada kedamaian saja. Kata-kata tersebut juga memiliki makna yang harus direnungkan agar segala sesuatu yang manusia dapatkan dalam kehidupan bisa disesuaikan dengan tujuan hidup yang telah digariskan oleh Allah.

Beberapa contoh kata bijak tersebut mungkin akan bersifat personal atau massal. Namun, bagaimana pun isinya, kata bijak tentu akan membuat manusia semakin merasa harus memperbaiki diri dalam menata kehidupannya sebagai manusia ciptaan Tuhan.

•    Tuhan mengulurkan tanganNya untuk menolong manusia yang telah bekerja keras. Itu bisa jadi merupakan inti yang hendak disampaikan dalam beragam kata bijak dalam Alkitab karena pada dasarnya, Tuhan selalu menginginkan manusia ciptaanNya tidak bermalas-malasan dan senantiasa bekerja keras untuk mendapatkan tujuan hidup yang diharapkan.

•    Manusia tidaklah perlu berdosa, sebab manusia adalah pendosa yang hanya perlu mengakuinya agar kasih dan karunia Tuhan berdatangan secara melimpah. Artinya, manusia hendaklah menghindari diri dari berbagai dosa, namun tetap mengakui bahwa dirinya adalah pendosa yang memiliki banyak kekurangan sehingga Tuhan senantiasa memberikan kasihNya.

•    Kerohanian yang hidup merupakan upaya mencari, menemukan, dan hidup dekat dengan Allah. Hal ini berarti bahwa segala kebenaran hanya akan ditemukan melalui upaya manusia dalam mencari dan menemukannya. Setelah penemuan itu, barulah manusia bisa berbicara dekat denganNya.

•    Berbagai berkat bisa diberikanNya dalam keadaan apapun, baik dalam keadaan baik maupun buruk. Artinya, Allah tidak akan memilih dan bersikap tidak adil dalam memberikan limpahan berkatnya kepada umat manusia.

•    Manusia akan merasa kesepian jika ia membangun tembok, bukan jembatan. Artinya, manusia sebaiknya menciptakan pemisah berupa jembatan antara ia dan Tuhannya, bukan sebuah dinding pemisah yang justru membuat Anda tidak bisa bercengrama dengan Allah.

•    Satu jam bersama Allah akan lebih berharga jika dibandingkan seumur hidup tanpa kehadiranNya. Oleh sebab itu, lebih baik luangkan banyak waktu untuk berkasih-kasihan dan bercengkrama denganNya, dibandingkan bersenang-senang dengan sesama manusia di dunia.

•    Mengalah merupakan langkah awal untuk Anda menjadi seorang pemenang. Mengalah bukan berarti kalah. Itulah sebabnya Anda harus membiarkan diri Anda mengalah kepada ego Anda sehingga ke depannya Anda bisa menjadi seorang yang memenangkan Tuhan.

•    Pencobaan yang diberikan Allah bisa membuat sebagian orang jatuh, tapi bisa membuat sebagian yang lain justru mencapai tangga yang tinggi. Hal ini memperlihatkan bahwa adanya usaha dari manusia untuk melakukan pencapaian dan menerima pencobaan tersebut bisa memberikan berkat yang baik baginya.

Demikianlah contoh kata bijak Alkitab yang bisa kita renungi sebagai langkah awal untuk memperbaiki diri.

Selanjutnya : Pengrajin Keramik Jakarta
Sebelumnya: Mengenal Anatomi Lidah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar