Contoh Kelainan Trisomi Pada Autosom Dan Gonosom


Autosom dan gonosom adalah jenis dari kromosom yang ada pada manusia. Autosom adalah kromosom yang ada pada seluruh tubuh, kecuali pada sel-sel gamet atau selain kromosom kelamin.

Autosom disebut juga kromosom homolog, karena selalu berpasangan satu sama lain. Manusia memiliki 22 pasang autosom. Sedangkan gonosom adalah kromosom yang ada pada sel-sel gamet yang berfungsi menentukan jenis kelamin.

Apabila jumlah autosom dan gonosom tidak sesuai maka hal tersebut merupakan contoh kelainan trisomi pada autosom dan gonosom.

Kelainan Trisomi Pada Manusia

Kelainan trisomi yang terjadi pada manusia disebabkan karena kelainan jumlah, proses pembelahan yang tidak sempurna, dan lain-lain.

Beberapa kelainan trisomi menyebabkan sindrom down atau memiliki IQ rendah, sindrom edward yang mengakibatkan kematian setelah bayi berusia satu tahun, sindrom patau sama seperti sindrom edward, sindrom patau juga menyebabkan kematian, namun terjadi pada bulan pertama.

Semua itu terjadi akibat kelainan genetik yang akan mengakibatkan keturunan mengalami kelainan dan untuk mencegah hal itu terjadi, perlu adanya antisipasi saat hamil.

Beberapa hal yang perlu dilakukan ibu hamil agar tidak terjadi kelainan trisomi melakukan olahraga atau senam kehamilan, tidak mengonsumsi zat-zat yang dapat merusak kandungan, banyak beribadah pada Allah.

Jangan banyak bicara buruk terhadap orang lain (menurut mitos yang mengatakan).
Faktor yang membuat kelainan pada trisomi adalah faktor keturunan.

Biasanya jika dalam silsilah keluarga ada yang memiliki kelainan tersebut, maka akan menurun pada keturunannya. Tapi, bisa saja tidak diturunkan apabila sang ibu benar-benar menjaga kehamilannya dengan baik.

Hal yang perlu dilakukan oleh seorang ibu apabila tidak ingin anaknya memiliki kelainan trisomi, maka jangan pernah berani mengonsumsi obat-obatan terlarang, alkohol, apalagi berusaha menggugurkan kandungannya.

Karena jika proses pengguguran tidak berhasil, maka bayi yang dikandung berisiko mengalami kelainan. Ingatlah bagi para ibu yang tidak menginginkan kehamilannya bahwa jika Tuhan menghendaki anak untuk hidup, maka dia akan hidup.

Jadi, pada kesimpulannya contoh kelainan trisomi pada autosom dan gonosom biasanya terjadi pada janin yang disebabkan oleh berbagai hal. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Bentuk-bentuk Korupsi yang Sering Terjadi di Indonesia
Sebelumnya: Macam-macam Bentuk Cara Edit Keren Pakai Photoshop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar