Contoh Kerangka Acuan AMDAL Lengkap dengan Komponen dan Manfaatnya


Mungkin Anda sering mendengar kata AMDAL, namun bingung dengan arti kata tersebut. AMDAL merupakan singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Kerangka acuan AMDAL sering diminta sebelum seseorang mendirikan sebuah rumah sakit ataupun pabrik.

Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 27 yang ditetapkan pada tahun 1999 tentang AMDAL yang menyebutkan bahwa Analisis Mengenai Dampak Lingkungan merupakan sebuah kajian. Kajian mengenai terkait dampak besar dan penting untuk melakukan pengambilan keputusan suatu usaha atau berupa kegiatan yang rencananya dilaksanakan pada lingkungan hidup. Kajian ini, diperlukan dalam proses pengambilan keputusan terkait penyelenggaraan kegiatan atau usaha yang dijalankan.

Setiap perusahaan yang berhubungan langsung dengan lingkungan hidup harus memiliki AMDAL. Sehingga mengetahui tentang dampak negatif dan positif dari suatu rencana proyek atau kegiatan yang ingin dilakukan. Jadi pemerintah bisa mengambil keputusan terkait apakah kegiatan atau proyek tersebut dapat dinyatakan layak ataupun tidak layak untuk lingkungan sekitar.

Kajian analisis mengenai dampak lingkungan haruslah tersusun dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Di antaranya aspek kimia, aspek biologi, aspek fisik, aspek ekonomi, aspek sosial, dan budaya serta aspek kesehatan masyarakat.

Ketika hasil kajian AMDAL yang dihasilkan dinyatakan tidak layak bagi lingkungan maka pihak pelaksana pembangunan proyek atau kegiatan tidak boleh melanjutkan. Guna menghindari terjadinya kerusakan lingkungan yang merugikan masyarakat di sekitar lingkungan tersebut.

Apa Itu Kerangka Acuan AMDAL?

Kerangka acuan merupakan suatu dokumen yang berisikan tentang ruang lingkup yang dilengkapi dengan kedalaman data dari suatu kajian AMDAL. Ruang lingkup kajian AMDAL yang dimaksud adalah penentuan dari dampak penting yang akan dikaji secara lebih dalam lagi, serta batasan studi Amdal yang digunakan sebagai acuan.

Sementara itu, kedalaman studi AMDAL selalu berkaitan dengan penentuan metodologi yang digunakan ketika melakukan kajian dampak lingkungannya. Penentuan ruang lingkup yang digunakan serta kedalaman kajian yang diinginkan merupakan kesepakatan antara pelaksana proyek dengan Komisi penilai AMDAL melalui beberapa proses.

Contoh kerangka acuan AMDAL biasanya berisi tentang susunan tim teknis AMDAL khusus yang diturunkan, ada juga SK Kesepakatan Kerangka Acuan AMDAL. Ketika di bab pendahuluan terdiri atas latar belakang, landasan peraturan yang digunakan lengkap dengan perundang-undangannya, serta dilengkapi dengan tujuan umum dan tujuan khusus pembuatan AMDAL.

Di bab selanjutnya dijelaskan terkait proses AMDAL secara khusus. Kemudian di bab berikutnya dipaparkan beberapa isu-isu utama yang menjadi perhatian dalam pembuatan AMDAL.

Selanjutnya : Pantai Pattaya Bangkok Menjadi Tujuan Berlibur Favorit
Sebelumnya: Obral Barang Dapur Produk Cina Surabaya Sangat Diminati
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar