Berbagai Contoh Kerusakan Alam Akibat Perilaku Manusia


Berbagai contoh kerusakan alam akibat perilaku manusia, sudah sering kita saksikan sekarang ini. Mulai banyaknya sampah yang menggunung di berbagai tempat, kurangnya sanitasi lingkungan sehingga udara dan air yang dibutuhkan menjadi sangat terbatas, serta banyaknya bencana yang muncul akibat eksploitasi besar-besaran kaum kapitalis.

Meningkatnya kadar karbon dioksida di udara merupakan salah satu contoh kerusakan alam yang diakibatkan oleh berbagai perilaku manusia yang tidak memikirkan masa depan lingkungan. Penggunaan gas-gas yang berlebihan, penebangan pohon yang dilakukan secara besar-besaran demi kepentingan industri, serta perilaku yang buruk dalam membuang sampah sembarangan juga merupakan perilaku yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Tingginya sistem teknologi yang ada di dunia juga membuat manusia lupa bahwa ada beberapa hal yang perlu dipertahankan agar kelak manusia masih bisa menghirup udara segar, merasakan kenyamanan dalam kehidupan. Hal ini terlihat dari perkembangan industri yang semakin meningkat sehingga sumber daya alam dikuras habis-habisan untuk mendapatkan banyak keuntungan materi.

Kendaraan bermotor yang sekarang ini banyak diproduksi dari berbagai pabrikan pun membuat emisi gas semakin meningkat. Lapisan ozon juga semakin menurun sehingga manusia sulit untuk mendapatkan udara yang benar-benar murni serta segar. Hal ini tentu akan menimbulkan banyak penyakit, terutama pada orang yang memiliki saluran pernapasan rentan.

Munculnya banyak bencana seperti banjir tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang bersih. Sehingga berbagai saluran air mampat oleh banyak sampah. Pepohonan yang tinggal sedikit pun tidak mampu lagi menahan derasnya air hujan sehingga terjadi longsor di mana-mana, begitu juga sumber daya alam yang dikeruk habis-habisan membuat bumi kehilangan kekuatan dan keseimbangan sehingga gempa dan tsunami pun sering terjadi.

Lantas, apakah Anda akan tinggal diam melihat berbagai contoh kerusakan alam akibat perilaku manusia itu terus-menerus muncul dan menghancurkan kehidupan? Oleh sebab itu, mari tingkatkan kesadaran diri kita untuk menjaga lingkungan supaya tetap dalam kondisi aman dan nyaman bagi semua makhluk yang tinggal di dalamnya.

Selanjutnya : Bagaimana Lahirnya Peradaban Cina?
Sebelumnya: Bagaimana Cara Membuat Cerpen Tentang Kasih Sayang?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar