Contoh Khutbah Jumat Tentang Rukun Iman


Mengerjakan sholat Jumat merupakan hal yang diwajibkan bagi kaum pria. Pada pelaksanaannya, sholat Jumat memiliki beberapa aturan yang harus dilakukan, salah satunya adalah khutbah yang diberikan oleh imam sholat Jumat. Adapun tema khutbah adalah tentang berbagai hal yang dapat meningkatkan keimanan. Salah satu tema contoh khutbah Jumat tentang rukun iman.

Hal itu bertujuan untuk selalu mengingatkan para jamaah sholat Jumat untuk tetap mengingat Rukun Iman dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, seperti kita ketahui, tidak semua orang masih mengingat apa isi Rukun Iman karena pelajaran tentang hal itu biasanya diberikan pada saat Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama.

Berikut contoh khutbah Jumat dengan tema Rukun Iman

Saudaraku sekalian, jamaah sholat Jumat yang dirahmati Allah SWT, kali ini kita akan sedikit mengingat mengenai Rukun Iman, yang mungkin telah kita lupakan dikarenakan kesibukan sehari-hari yang membelit pikiran.

Rukun Iman, sebagaimana kita ketahui bersama ada enam. Yang pertama dan yang paling utama adalah beriman kepada Allah SWT sebagai pencipta seluruh langit dan bumi beserta isinya, termasuk kita manusia.

Iman yang kedua yang harus kita percayai adalah kepada malaikat-malaikat Allah SWT. Malaikat adalah makhluk Allah yang tercipta dari cahaya, menjadi pesuruh Allah yang paling taat dan tak pernah membantah. Kemudian jamaah sholat Jumat yang mulia, yang ketiga adalah iman kepada kitab-kitab suci yang telah diturunkan melalui malaikat Jibril, kepada nabi-nabi-Nya.

Lalu yang keempat, kita wajib beriman kepada Rasul-rasul yang menjadi utusan Allah dalam mengabarkan perintah untuk menyembah hanya kepada Allah SWT saja. Kemudian iman yang kelima adalah kepada hari kiamat. Hari kiamat merupakan sebuah kepastian yang akan datang, sehingga tak pantas kita mengabaikan atau tak bersiap-siap menghadapinya.

Terakhir, jamaah sholat Jumat yang saya hormati, kita sebagai seorang muslim wajib beriman kepada Qadha dan Qadar. Ini maknanya adalah takdir yang baik, juga takdir yang buruk. Jangan kita hanya ingin takdir baik, tapi mengingkari takdir buruk yang menimpa kita.

Demikian contoh khutbah Jumat tentang rukun iman, dan semoga bermanfaat bagi Anda yang memerlukan informasi tersebut.

Selanjutnya : Deskripsi Nama Nama Pantai di Indonesia
Sebelumnya: Asia Plaza Tasikmalaya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar