Contoh Komunikasi di Lingkungan Sekolah


Komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian pesan antara satu orang atau lebih  orang lainnya dan bertujuan agar pesan yang disampaikan sampai dengan tepat. Tentu ada banyak jenis komunikasi yang ada sekarang ini, seperti misalnya komunikasi dua arah, komunikasi massa, komunikasi formal, komunikasi sosial, dan ada juga contoh komunikasi di lingkungan sekolah.

Ilmu komunikasi pun secara luas dapat ditemui di sejumlah universitas-universitas, karena menjadi kajian pokok dan bahkan jurusan dalam universitas. Begitu luasnya kajian mengenai komunikasi, sehingga komunikasi pun dianggap vital untuk mencegah adanya konflik dalam sebuah masyarakat.

Komunikasi selalu dilakukan di berbagai macam tempat dan tingkat. Seperti misalnya di tingkat luas ada komunikasi antarnegara dan di tingkat yang lebih sempit ada komunikasi antaranggota keluarga. Komunikasi dalam tingkatan lainnya adalah komunikasi dalam bidang pendidikan. Komunikasi dalam pendidikan pun dibagi lagi, ada komunikasi pendidikan di rumah dan komunikasi pendidikan di sekolah. Di dalam sekolah sendiri terdapat komunikasi dalam berbagai tingkatan, yakni komunikasi yang sifatnya ke atas, ke bawah, dan setara.

Komunikasi menuju atas di lingkungan sekolah dicontohkan dengan komunikasi dari guru/pegawai dengan kepala sekolah dan dewan sekolah. Komunikasi tersebut dalam berwujud apa pun, seperti berupa usulan, laporan, atau keluhan. Komunikasi ini penting terjadi agar kepala sekolah dan dewan sekolah mempunyai pandangan untuk menentukan kebijakan.

Komunikasi menuju bawah di lingkungan sekolah dicontohkan dari kepala sekolah dan dewan sekolah dengan guru dan pegawai. Komunikasi ini terjadi dari atas ke bawah yang kebanyakan berwujud perintah-perintah atau wejangan. Komunikasi ini dilakukan agar program-program kerja yang telah direncanakan berjalan dengan lancar.

Komunikasi dalam tingkatan lainnya adalah komunikasi setara yang terjadi antara golongan yang setara. Jika diterapkan di sekolah, komunikasi setara ini dilakukan antara satu guru dengan guru lainnya atau antara satu pegawai dengan pegawai lainnya. Dalam tataran yang lebih serius, komunikasi setara juga bisa dilakukan antara guru dan murid yang memandang pengajaran sebagai proses untuk sama-sama belajar bersama. Komunikasi setara ini juga biasanya terjadi dengan bagian-bagian yang memiliki frekuensi interaksi tinggi.

Dari beberapa tingkatan komunikasi tadi, contoh komunikasi di lingkungan sekolah untuk tujuan pendidikan sebaiknya bertujuan jelas mengubah setiap individu menjadi pribadi positif dan berkualitas. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Memahami Makna Cinta dalam Psikologi
Sebelumnya: Mengetahui Pengertian ISP
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar