Contoh Koperasi Penjualan/Pemasaran


Seperti apakah contoh koperasi penjualan/pemasaran itu? Koperasi adalah organisasi atau lembaga yang dijalankan oleh beberapa anggotanya dengan berlandaskan kekeluargaan. Anggota koperasi memiliki kesamaan tujuan, yaitu menyejahterakan seluruh anggotanya. Saat ini, koperasi merupakan badan usaha yang banyak dijadikan pilihan bagi seseorang untuk berbagai kepentingan.

Seperti peminjaman modal usaha, menabung, mendistribusikan produk hasil usaha, dan lain-lain. Jenis-jenis koperasi di antaranya koperasi simpan-pinjam, koperasi konsumen, koperasi produsen, koperasi jasa, dan koperasi penjualan atau pemasaran. Contoh beberapa koperasi penjualan/pemasaran adalah koperasi pedangan pupuk atau sayuran.

Koperasi penjualan atau pemasaran adalah koperasi yang aktivitas utamanya adalah menjual atau memasarkan produk-produk tertentu. Para anggotanya adalah pemasok barang hasil produksi masing-masing. Setiap anggota biasanya memilki usaha, baik dalam skala kecil atau besar. Fungsi koperasi penjualan atau pemasaran adalah untuk mendsitribusikan produk hasil usaha para anggotanya kepada calon pembeli.
Koperasi menjadi distributor yang menghubungkan produsen dan konsumen. Misalnya, koperasi para pedagang sayuran, koperasi para pelaku usaha kecil, atau koperasi para peternak sapi.

Di dalam koperasi pemasaran atau penjualan, setiap anggota mempercayakan kepada koperasi terkait distribusi barang atau jasa yang menjadi produk usahanya. Misalnya, koperasi para pengrajin susu Bandung Selatan (KPBS).

Produk yang dihasilkan KPBS adalah susu murni yang didistribusikan oleh koperasi ke seluruh pelosok daerah. Anggota koperasi menjadikan koperasi sebagai saran mendistribusikan produk tersebut agar lebih mudah dijangkau dengan manajemen yang lebih baik daripada distribusi yang dilakukan sendiri. Contoh lainnya adalah koperasi para pemilik angkutan umum, seperti Koperasi Wahana Kalpika (KWK), Kopaja, dan Koperasi Angkutan Bekasi (Koasi).

Contoh lainnya adalah koperasi yang anggota merupakan para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Setiap anggota memiliki produk tersendiri, mulai bahan makanan atau pangan, produk konveksi, dan beberapa produk hasil industri kreatif lainnya. Kehadiran koperasi pemasaran atau penjualan akan membantu distribusi para pelaku UKM tersebut.

Seperti menekan biaya distribusi dan memudahkan mencari konsumen. Para pelaku UKM tersebut dapat berkonsentrasi pada produksi dan manajemen hasil yang diperoleh. Contoh koperasi penjualan/pemasaran biasanya terdapat di lingkungan industri kecil, industri rumahan, hingga sentra  pembuatan produk tertentu.

Selanjutnya : Kelebihan dan Kekurangan Notebook Toshiba
Sebelumnya: Inilah Nama Asli Sultan Hasanudin Banten
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar