Mempelajari Contoh Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian


Contoh kualitatif dan kuantitatif yang dilihat dari judul. Misalnya ada judul penelitian menggunakan kata ‘Hubungan Antara A dan B dalam C’ atau ‘Pengaruh A Terhadap B dalam Meningkatkan C’. Inilah di antara contoh judul penelitian kuantitatif. Data dari penelitian ini tentu saja berdasarkan variabel yang diungkapkan dalam judul. Data yang didapatkan akan diolah dengan teknik statistika. Nanti simpulannya dari data angka tersebut.

Contoh Penelitian Kualitatif

Contoh kualitatif dan kuantitatif juga bisa dilihat dari teknik pengembangan penelitian. Misalnya, untuk data pada penelitian kualitatif, data yang dikembangkan biasanya adalah data sekunder. Sedangkan pada penelitian kuantitatif, data primer lah yang dianalisis. Judul dari penelitian kualitatif sendiri biasanya lebih pendek dan tidak menunjukan adanya hubungan.

Penggunaan kata ‘Pesan Moral dalam Novel …’, ‘Analisis …’, ‘Peran A dalam B’, dan lain sebagainya. Yang menarik adalah bahwa data yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan data secara statistik, bisa menjadi latar belakang pembuatan penelitian kualitatif. Data ini akan dianalisis secara lebih mendalam dalam penelitian kualitatif.

Hal ini karena penjabaran data dalam dua penelitian ini berbeda. Penelitian kuantitatif biasanya dijabarkan dari data stastistik. Sedangkan untuk penelitian kualitatif penjabarannya seperti kalimat naratif.

Jenis Penelitian Lain

Sebenarnya, ada beberapa jenis penelitian yang patut diketahui. Misalnya, ‘Action Research’. Jenis penelitian ini sebenarnya seperti penelitian kuaitatif. Tapi penelitian tindakan yang awalnya berasal dari dunia Psikologi ini lebih mendalam lagi ketika mengungkapkan suatu fenomena. Ada tindakan yang dibutuhkan yang membuat jenis penelitian ini bisa berlangsung sangat lama. Siklus inilah yang membuat penelitian tindakan lebih banyak digunakan dalam dunia pendidikan sekarang.

Penelitian Tindakan Kelas menjadi salah satu hal yang sangat penting demi meningkatkan kemampuan profesionalitas seorang guru dalam memahami anak didiknya. Data yang digunakan bisa diambil dari pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Format pelaporan penelitian lebih menggunakan bahasa yang sangat spesifik. Sedangkan dalam penelitian lain, format pelaporan harus mengikuti kaidah penggunaan bahasa yang lebih ilmiah.

Penelitian tindakan ini baru saja diakui secara ilmiah. Sebelumnya, banyak yang tidak peduli dengan penelitian jenis ini. Dikatakan bahwa penelitian ini tidak menggunakan kaidah ilmiah. Tapi dengan adanya siklus penelitian, tindakan, dan lain-lain, kini penelitian ini banyak digunakan dan dipelajari. Untuk itu, contoh kualitatif dan kuantitatif saja kurang cukup bila akan mempelajari penelitian secara mendalam. Ada banyak metode yang bisa digunakan dalam sebuah penelitian.

Selanjutnya : Contoh Judul Tesis S2 Manajemen Pendidikan Hubungan
Sebelumnya: Tips Menyusun Karya Tulis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar