Membuat Contoh Kuesioner Ilustrasi


Membuat Contoh Kuesioner Ilustrasi merupakan salah satu cara mengumpulkan data dari responden yang diperlukan untuk sebuah penelitian. Biasanya bentuk dari kuesioner adalah deretan atau daftar sejumlah pertanyaan yang terkait dengan hal atau masalah yang hendak diteliti. Contoh kuesioner ilustrasi atau cara membuat kuesioner ilustrasi dapat kita lihat pada artikel berikut.

Kuesioner pada intinya hampir mirip seperti sebuah wawancara berbagai pertanyaan yang kita berikan pada seseorang, hanya saja ini bentuknya adalah tulisan pada selembar kertas. Pembuat kuesioner harus berusaha meminimalkan kesalahan yang kemungkinan dilakukan oleh responden, serta tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Ada pedoman untuk membuat kuesioner yang baik seperti disarankan oleh Bailey (1987), yang meliputi hal berikut ini (dengan redaksi berbeda):

  • Meyakinkan pada responden bahwa kuesioner yang dilakukan tersebut bertujuan nonkomersial, hingga mereka mau mengisinya dengan sebenarnya.
  • Menghindari pertanyaan sensitif yang dapat membuat responden merasa disinggung, dan menjamin kerahasiaan data responden dan kuesioner.
  • Beri apresiasi pada kesediaan responden yang mau turut mengisi kuesioner.
  • Peneliti harus tahu cara memperlakukan responden, misalnya dengan sopan santun, tanpa tendensi, tidak menghakimi, dan memuji mereka.
  • Jelaskan bahwa kuesioner itu hanya untuk pengembangan ilmu pengetahuan, bukan kepentingan komersial, pribadi, atau golongan.

Selain itu, peneliti pun harus mempertimbangkan relevansi kuesioner dengan responden. Juga relevansi pertanyaan dan tujuan studi. Jadi pertanyaan, responden, dan tujuan studi harus saling berhubungan.

Misalnya sebuah kuesioner yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menilai kinerja dan etos kerja karyawannya. Maka tentu respondennya harus karyawan yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Tak boleh karyawan dari luar.

Pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner tersebut juga harus berhubungan dengan tujuan diadakannya penelitian. Misalnya; jam berapa karyawan biasanya datang, berapa menit waktu ideal yang mereka butuhkan untuk beristirahat, apa kendaraan yang mereka miliki, apakah karyawan memiliki pekerjaan sampingan di luar kerja utama, dan sebagainya.

Jadi, segala sesuatunya harus sesuai dengan prinsip pembuatan kuesioner yang benar dan baik agar hasilnya pun akurat dan terpercaya. Contoh kuesioner ilustrasi yang Anda buat akan menentukan keberhasilan penelitian Anda sendiri. Selamat bekerja.

Selanjutnya : Jenis Senjata Yang Dipakai Rusia Waktu Perang Dunia Kedua
Sebelumnya: Inspirasi Nama Nama Pesepak Bola di Masa Depan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar