Contoh Kuesioner Makanan Sebelum Membuka Warung Makanan


Sebelum membuka warung makanan, perlu mengadakan riset pasar. Secara kasar mata mungkin saja terlihat bahwa di suatu tempat, orang mungkin akan lebih membutuhkan jenis makanan tertentu dengan patokan harga sekian. Tetapi itu hanya perkiraan dan bukan didapat dengan menggunakan teknik pengambilan data secara ilmiah. Untuk mendapatkan data akurat, perlu melakukan riset kecil-kecilan dan membuat contoh kuesioner makanan yang akan dijual.

Tahap Awal

Agar tidak terlalu kecewa dengan hasil dari kuesioner yang akan didapatkan, edarkan kuesioner itu kepada teman dekat atau anggota keluarga. Mereka biasanya akan leluasa memberikan penilaian secar objektif. Bila diberikan kepada orang lain, tidak jarang, jawabannya sangat singkat dan kalau pertanyaan pada kuesioner ternyata tidak reliabel dan tidak valid, maka data yang didapatkan kurang akurat.

Mungkin mengira untuk apa repot-repot membuat kuesioner tentang makanan yang dibuat. Bisnis makanan memang perlu menggunakan insting. Tetapi kuesioner yang diberikan kepada pasar yang dibidik, akan memberikan data yang lebih akurat. Ada kepuasan batin ketika tidak hanya bisa memperkirakan apa yang diinginkan oleh para konsumen.

Contoh Kuesioner

Pertanyaan dalam kuesioner ini bisa dibuat dengan teknik pertanyaan terbuka atau pertanyaan dengan pilihan berganda. Sebaiknya memang menggunakan pertanyaan terbuka agar ada sesi tanya jawab. Jangan lupa untuk memberikan hadiah serupa makanan yang dicicipi secara gratis kepada para peserta yang megisi kuesioner. Acara ini bahkan bisa menjadi ajang promosi yang akurat.

Berikut ini adalah pertanyaan dalam kuesioner makanan sebelum warung dibuka. Jangan memberikan pertanyaan yang terlau banyak. Ingatlah bahwa waktu orang lain sangat berharga. Mereka juga mempunyai acara di tempat lain. Berbeda kalau memang ada acara khusus dan yang menjawab pertanyaan tidak hanya mendapatkan makanan dan minuman gratis, tetapi juga hadiah lain seperti voucher belanja.

Bagaimana pendapat Anda tentang makanannya? Bagaimana dengan minumannya? Bagaimana dengan penyajiannya? Bagaimana dengan pelayanannya? Bagaimana dengan fasilitas warungnya? Bagaimana dengan harganya? Kritik dan Saran.

Secara umum, apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli adalah makanan dan minuman yang enak dan murah, tempat makan yang bersih dan terjangkau, pelayanan ramah dan ada wifi. Itulah yang mungkin akan didapatkan dari contoh kuesioner makanan yang diedarkan.

Selanjutnya : Sehat Jantung karena Manfaat Senam Lantai
Sebelumnya: Pendaftaran D3 Unpad 2013
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar