Contoh Kultum Agama Islam


Kultum adalah singkatan dari kuliah 7 menit yang biasanya dilakukan untuk memberi nama sebuah ceramah agama Islam yang singkat, hanya memakan waktu sekitar 7 menit saja dalam pelaksanaannya. Contoh kultum Agama Islam biasanya diberikan oleh Imam usai sholat Shubuh, usai sholat Dhuhur, atau usai sholat Maghrib di masjid-masjid tertentu.

Isi dari kultum biasanya poin-poin penting dan singkat dari pelajaran Agama Islam yang tak memakan waktu lama untuk menjelaskannya. Selain itu, bahasa yang digunakan haruslah bahasa sehari-hari yang ringan, mudah dimengerti, dan berbeda dengan jenis ceramah agama lain yang panjang dan menggunakan bahasa resmi.

Misalnya, sebuah kultum dengan tema Keutamaan Berdoa Dikala Sedang Berpuasa:

Assalamu’alaikum, segala puji sepatutnya selalu kita tujukan kepada Penguasa semesta alam, Allah SWT yang telah memberi usia, kesehatan, kemampuan dan kesempatan pada kita untuk dapat beribadah dan duduk saat ini guna bersama-sama mengingat kembali pada kebaikan yang insya Allah dapat membawa kepada keimanan.

Sebuah hadist Rasulullah SAW telah mengingatkan pada umat muslim untuk tak pernah berhenti berdoa di segala kesempatan, sebab doa adalah senjatanya umat muslim. Apalagi, di bulan Ramadhan seperti saat ini, bulan mulia yang segala amal baik dan ibadah akan dilipat gandakan hingga jumlah yang manusia tidak dapat bayangkan.

Tentunya sesuai dengan niat yang ada dalam hati setiap individu, balasan pahala itu akan diberikan. Bila ikhlas dan hanya mengharap ridho serta pertolongan Allah SWT semata, maka hanya kebaikan saja yang menjadi balasan doa tersebut.

Sebuah hadist Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa doa yang tak akan tertolak salah satunya adalah yang diucapkan oleh orang yang berpuasa, sampai waktu buka tiba. Jadi bayangkan saja besarnya pahala yang dilakukan oleh orang yang berdoa di bulan Ramadhan, sedang ia juga berpuasa dan dilakukan dengan ikhlas. Sungguh tak terhitung besarnya, bukan?

Yang utama adalah, berdoalah dengan penuh harapan dan ikhlas untuk mendapat ridho dari Allah SWT saja, tanpa merasa kecewa bila doa itu belum dikabulkan di dunia. Sebab sejatinya, doa adalah ibadah yang pasti manis pahalanya di akhirat kelak.

Masih banyak contoh kultum agama Islam yang mengangkat tema lain, yang dapat Anda tuliskan. Tema dapat Anda lihat di berbagai sumber, termasuk buku-buku pelajaran agama dan situs agama di internet.

Selanjutnya : Aspek Sumber Daya Manusia
Sebelumnya: Meninjau Perkembangan Produksi Ninja 250 Karbu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar