Contoh Lagu Daerah Jawa


Lagu daerah adalah lagu yang berasal dari sebuah daerah tertentu dan kemudian berkembang, sehingga banyak dikenal oleh masyarakat. Lagu daerah memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut dapat dilihat dari bahasa daerah yang digunakan. Selain itu, setiap contoh lagu daerah juga memiliki makna yang tersembunyi. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui namanya.

Lagu daerah banyak dinyanyikan atau dimainkan pada saat-saat tertentu seperti pada saat digelarnya acara rakyat atau daerah, saat anak-anak bermain, atau dapat juga digunakan sebagai tembang untuk meninabobokan anak.

Lagu daerah saat ini biasanya dikenal melalui pembelajaran di sekolah. Banyak remaja dan orang dewasa yang kurang mengenal atau bahkan tidak hafal lagu daerahnnya. Mereka justru lebih menyukai lagu luar yang berasal dari Korea, Jepang, India, ataupun wilayah Barat. Adapun musisi dalam negeri juga saling berlomba untuk menghasilkan karya berupa lagu-lagu yang kebanyakan bertema cinta. Sayangnya, justru lagu cinta

yang kurang bermakna itu yang mendapat tempat di hati masyarakat saat ini.
Banyaknya pulau dan suku bangsa di Indonesia, menjadikan ragamnya lagu daerah. Salah satunya adalah pulau Jawa. Contoh lagu-lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah di antaranya adalah sebagai berikut.

1.  Gambang Suling

2.  Gek Kepriye

3.  Gundul Pacul

4.  Lir-Ilir

5.  Jangkrik Genggong

6.  Jaranan

7.  Jenang Gula

8.  Jamuran

Contoh lagu-lagu daerah Jawa Barat, misalnya:

1.  Bubuy Bulan

2.  Cing Cangkeling

3.  Es Lilin

4.  Manuk Dadali

5.  Panon Hideung

6.  Tokecang

7.  Warung Pojok

Contoh lagu-lagu daerah Jawa Timur, misalnya:

1.  Cublak-cublak suweng

2.  Kembang Malathe

3.  Keraban Sape

4.  Tanduk Majeng

Jawa adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Masih banyak lagi daerah di Indonesia yang memiliki keunikan lagu daerahnya masing-masing. Tugas kita adalah berusaha mengenal dan dapat turut serta melestarikan lagu daerah.

Jangan sampai lagu daerah hanya menjadi budaya yang terkenang oleh anak cucu kita nanti karena lagu daerah bukan sekadar syair yang menggembirakan. Tapi, di dalamnya ada nasehat yang tersimpan, ada semangat patriotisme dan heroik yang melekat. Sebagai anak bangsa Indonesia, sudah selayaknya kita bangga dengan lagu daerah yang kita punya. Semoga contoh lagu daerah dari pulau Jawa tersebut mengingatkan kita akan kebudayaan daerah.

Selanjutnya : Model Baju Pesta Orang Arab Modern
Sebelumnya: Tata Cara Menulis Proposal Penelitian Kualitatif Yang Benar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar