Mengenali Contoh-contoh Lagu Keroncong Langgam


Keroncong langgam adalah salah satu jenis aliran musik yang sudah jarang peminatnya. Jenis musik ini adalah jenis musik yang mempunyai benang merah dengan musik asal Portugis sampai pada akhir abad ke 16. Dengan dawai yang dimainkan senada, keroncong akan sangat terdengar seru. Sayangnya, tidak untuk anak muda zaman 2000-an yang lebih menyukai musik gaduh. Padahal, jika saja anak-anak muda mau mengenali contong-contoh lagu keroncong langgam, maka musik keroncong akan tetap tersiar ramai.

Keroncong langgam adalah keroncong yang disatukan dengan alat musik jawa, yaitu gamelan. Beberapa ciri-ciri keroncong langgam yang sudah diketahui seperti, ketukan 4/4, mempunyai 32 birama dan berstruktur AABA.
Alat-alat keroncong langgam yang menjadi instrument umum untuk munculnya suara-suara pengiring keroncong langgam, seperti biola serta flute, gitar, ukulele serta cello. Keseluruhannya mempunyai berbagai fungsi masing-masing. Seperti sebagai pemegang melodi utama atau hanya pemegang melodi sampingan.

Dalam keroncong langgam terdapat beberapa versi, yaitu pengulangan dua kali pada lagu, namun bagian setelah instrumental. Sedangkan versi kedua, yaitu pengulangan langsung. Dilanjutkan intro yang dihitung dari 4 birama terakhir pada lagu tersebut.

Bukan hanya tidak banyak anak muda yang berminat mendengarkannya, untuk menyanyikannya juga sangat jarang. Hanya ada beberapa nama tokoh penyanyi lagu keroncong langgam yang sudah sangat dikenal antara lain, Gesang, Andjar Any dan Waldjinah.

Sedikit peminatnya, bukan berarti tidak mempunyai pecinta keroncong langgam. Beberapa tetua di desa-desa daerah Jawa, masih sangat menggemari jenis musik yang satu ini. Terlebih saat acara sakral seperti resepsi pernikahan, penyambutan tamu agung dan acara-acara lainnya, keroncong langgam menjadi salah satu suguhan musik yang tak pernah ketinggalan. Ada juga beberapa sanggar yang sengaja menyediakan wadah sebagai tempat belajar lagu-lagu dan alat-alat musik keroncong pada muda-mudi yang berminat.

Awalnya, keroncong langgam memiliki lagu-lagu yang berbahasa Jawa saja. Tapi seiringnya waktu, sudah banyak diciptakan lagu-lagu keroncong dengan bahasa Indonesia atau menggunakan kreatifitas penyanyi yang mengubah lagu pop menjadi jenis lagu keroncong. Salah satu contoh lagu keroncong langgam dalam bahasa Jawa, misalnya Yen Ing Tawang Ono Lintang. Sedangkan contoh lagu keroncong langgam dalam bahasa Indonesia adalah Bengawan Solo.

Nah, adakah yang tahu dan hafal contoh lagu keroncong langgam lainnya?

Selanjutnya : Perusahaan Penghasil Rokok Indonesia
Sebelumnya: Pelestarian Alat Musik Adat Sunda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar