Contoh Lagu Keroncong yang Familiar


Lagu keroncong dikenal sebagai salah satu musik khas Indonesia. Musik keroncong memang berbeda dengan jenis musik lainnya. Alunan musik keroncong khas, kental akan bunyi petikan okulele, dan cukup jauh dari nuansa musik pop. Musik keroncong identik dengan selera sepuh. Tak heran jika kebanyakan anak muda tidak mengenal lagu-lagu keroncong. Contoh lagu keroncong yang mungkin cukup familier di telinga segala kalangan adalah Bengawan Solo karya almarhum Gesang, penyanyi keroncong legendaris.

Pembicaraan musik keroncong Indonesia tak bisa dilepaskan dengan Gesang.  Ya, Gesang merupakan maestro keroncong. Nama lengkapnya Gesang Martohartono. Dia lahir di Surakarta pada 1 Oktober 1917.  Gesang wafat pada tanggal 20 Mei 2010. Salah satu karya Gesang yang dikenal di Asia adalah lagu Bengawan Solo. Karena lagu itu, Gesang tak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Terutama di Jepang.

Lagu-lagu Keroncong Populer

Bengawan Solo. Alunannya memang merdu. Liriknya pun indah yang mengisahkan keindahan Sungai Bengawan Solo yang terletak di antara Jawa Tengah dan Jawa timur. Tak heran jika lagu ini tidak digemari oleh orang Indonesia, tapi juga oleh orang luar Indonesia. Selain Bengawan Solo, contoh lagu keroncong yang juga populer dan cukup familier adalah Jembatan Merah yang juga diciptakan Gesang.

Selain lagu-lagu cipataan Gesang, ada Walang Kekek yang syairnya diciptakan Waljinah. Dia sekalgus memopulerkan lagu tersebut. Lagu Walang Kekek merupakan lagu yang berlirik jenaka, namun sebetulnya merupakan sebuah sindiran untuk budaya patriarki.

Lagu keroncong yang tak kalah populernya adalah Di Bawah Sinar Bulan Purnama yang dipopulerkan Sundari Soekojto. Lagu Di Bawah Sinar Bulan Purnama diciptakan oleh Maladi. Lagu ini juga pernah dinyanyikan oleh Chrisye. Komposisi musiknya diubah menjadi lebih pop.

Musik Sepi Penggemar yang Layak Diapresiasi Lebih

Selain Gesang, penyanyi keroncong legendaris lainnya tentu saja Waljinah dan Sundari Soekotjo. Tak banyak penyanyi yang mendedikasikan karirnya untuk musik keroncong. Mungkin, penyebabnya, segmen penyuka musik khas yang satu ini memang tak sebanyak penyuka musik pop, jazz,  rock, atau dangdut. Untuk menyanyikannya pun diperlukan keahlian khusus.

Kendati demikian, musik keroncong merupakan musik yang indah dan tetap mendapatkan apresiasi tersendiri, bahkan oleh publik di luar Indonesia.  Salah satunya adalah apresiasi yang diberikan untuk lagu Bengawan Solo. Itu merupakan salah satu contoh lagu keroncong yang akan selalu dikenang di segala masa.

Selanjutnya : Contoh Laporan Karya Wisata
Sebelumnya: Contoh Konkret Data Kuantitatif dan data Kualitatif Pada Toko Kerudung Sakinah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar