Contoh Landasan Teori dalam Proposal Penelitian Komunikasi

Membuat proposal tidaklah mudah, terutama proposal penelitian komunikasi. Dibutuhkan pemahaman konsep yang cukup matang supaya proposal yang kita ajukan bisa ditindaklanjuti. Selain objek penelitian, landasan teori yang digunakan sangatlah penting. Kita bisa melihat dalam contoh landasan teori dalam proposal penelitian komunikasi, untuk melihat hasil nyatanya.

Rancangan proposal memang belum dibuat secara utuh, mengingat masih sebatas ajuan awal. Namun, proposal menjadi ujung tombak apakah rancangan penelitian kita bisa diterima atau tidak. Itu artinya kita harus membuat proposal sebaik-baiknya supaya tidak ditolak. Salah satu hal yang penting apakah proposal penelitian komunikasi kita diterima atau tidak adalah penggunaan landasan teori yang tepat.

Setiap bidang ilmu tentu saja memiliki landasan teori yang berbeda-beda, demikian halnya dengan komunikasi. Ilmu komunikasi ini termasuk ke dalam ilmu terapan. Itu artinya sebagai ilmu terapan komunikasi muncul berdasarkan dari sudut pandang atau perspektif dari bidang ilmu yang lainnya. Dengan kata lain landasan teori dari ilmu komunikasi itu beragam, sesuai dengan pendekatan yang digunakan.

Supaya lebih jelas dan bisa mendapatkan gambaran apa saja landasan teori komunikasi itu dan bisa digunakan sebagai landasan teori dalam proposal penelitian, berikut beberapa landasan teori untuk ilmu komunikasi.

•  Perspektif mekanis, yang menekankan pada unsur saluran fisik dari komunikasi, penyampaian dan penerimaan arus pesan di antara sumber atau para penerimanya atau audiens.

•  Perspektif psikologis, yang memfokuskan perhatiannya pada individu baik secara teoretis maupun empirisdan mekanisme internal penerimaan dan pemahaman informasi.

•  Perspektif interaksional, yang menonjolkan keagungan dan nilai individu di atas nilai pengaruhnya yang lain. Di dalam diri manusia memiliki esensi kebudayaan, melakukan sosialisasi dengan masyarakat, serta menghasilkan buah pikiran tertentu.

•  Perspektif pragmatis, yang menonjolkan pada perilaku orang-orang yang terlibat dalam komunikasi. Komunikasi yang paling mendasar adalah tindak perilaku atau tindak yang dijalankan secara verbal atau nonverbal oleh seseorang dalam peristiwa komunikatif.

Itulah beberapa landasan teori komunikasi, berdasarkan dari semua contoh landasan teori dalam proposal penelitian komunikasi yang sudah dibuat. Dari semua perspketif tersebut bisa digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan atau menghubungkan fenomena dan objek penelitian yang akan ditempuh nantinya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sembuh dengan Minum Obat Panu Tablet Mycoral
Sebelumnya: Jumlah Warga Indonesia–Menjelajah Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...