Contoh Laporan Hasil Penelitian Sosial


Contoh laporan hasil penelitian sosial ini dimaksudkan untuk mempermudah Anda yang baru saja memulai menulis laporan. Dalam menulis laporan tentu tidak sama seperti kita menulis catatan harian. Perlu ada kerangka penulisan yang jelas sehingga apa yang ingin kita sampaikan dalam laporan bisa tertulis secara sistematis.

Pengertian Penelitian Sosial

Sebuah penelitian dilakukan karena adanya suatu masalah yang diselesaikan. Dalam penelitian sosial masalah yang diselesaikan tentunya masalah sosial. Masalah yang kerap kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya masalah dalam interaksi sosial. Dengan menggunakan penelitian, lalu dikemukakan dalam bentuk laporan maka akan ditemukan suatu pemecahan masalah yang terjadi dalam kehidupan sosial kita.

Format Contoh Laporan Hasil Penelitian Sosial

1. Judul

Kalimat judul haruslah sebuah kalimat yang singkat, jelas, dan dapat menarik perhatian orang lain untuk membacanya. Selain itu kalimat judul hendaknya menggambarkan apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca.

2. Pendahuluan

a. Latar Belakang

Dalam bagian ini berisi penjabaran alasan atau masalah sosial yang mendorong dilaksanakannya penelitian sosial ini. Masalah sosial yang diangkat haruslah masalah yang menarik pembaca atau persoalan klasik yang belum ditemukan solusinya.

b. Rumusan Masalah

Penelitian dilakukan karena adanya masalah. Sedangkan rumusan masalah adalah pembatasan masalah. Bagian ini berisi konsep penjelasan apa yang akan kita tulis dalam laporan ini yang konsepnya berasal dari latar belakang. Rumusan masalah bertujuan agar pembahasan yang kita tulis dalam laporan sosial tidak terlalu melebar dan fokus terhadap masalah sosial yang ingin kita selesaikan.

3. Isi Laporan

a. Metode Penelitian

Bagian ini berisi tentang apa yang dilakukan dalam penelitian dan bagaimana cara peneliti melakukan penelitiannya tersebut. Penulisan metode penelitian mencakup objek yang diteliti, tempat dan waktu penelitian, cara penelitian.

b. Hasil Penelitian

Hasil penelitian adalah penjelasan mengenai apa yang sudah kita temukan dalam penelitian sosial yang kita lakukan. Penulisan hasil penelitian biasanya berupa jawaban atas pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah sebelumnya.

4. Penutup

a. Simpulan

Bagian ini berisi penjelasan singkat tentang masalah sosial yang kita angkat dalam penelitian beserta dengan jawabannya yang merupakan hasil penelitian.

b. Saran

Saran adalah bagian yang ditulis oleh peneliti mengenai apa saja yang masih menjadi kekurangan dalam penelitiannya. Sehingga diharapkan penelitian selanjutnya bisa melengkapi atau menyempurnakan kekurangan dalam penelitian ini.

Format contoh laporan hasil penelitian sosial ini adalah format yang sederhana. Sehingga diharapkan akan mudah untuk diterapkan ketika Anda memulai menulis laporan. Tentunya format ini tidak hanya untuk jenis laporan penelitian sosial, tetapi juga dapat digunakan untuk jenis laporan penelitian lain.

Selanjutnya : Kata-kata Sedih dalam Bahasa Inggris
Sebelumnya: 10 Kata-kata Bijak dalam Suatu Petualangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar