Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi PKP

Bagaimana contoh laporan keuangan laba rugi pkp? Apakah Anda pernah membuat laporan laba rugi? Laporan laba rugi ini dibuat untuk mengetahui berapa besar laba perusahaan dan rugi perusahaan.

Dengan diketahuinya berapa besar laba dan rugi perusahaan, perusahaan tentu akan berusaha meningkatkan laba dan menekan kerugian yang masih terjadi. Lalu bagaimana contoh laporan laba rugi ini? Dalam artikel ini, penulis akan memberikan sebuah contoh laporan keuangan laba rugi PKP.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah sebuah laporan yang menjadi bagian laporan keuangan perusahaan yang isinya berupa informasi tentang hasil operasional perusahaan baik itu pendapatan maupun pengeluaran selama kurun waktu tertentu. Keberadaan laporan laba rugi ini cukup penting dalam perusahaan. Alasannya adaalah karena laporan ini bisa dijadikan sebagai alat prediksi arus kas untuk ke depannya atau di masa yang akan datang.

Para investor biasanya akan melakukan pengkajian pada laporan laba rugi untuk mengetahui arus kas perusahaan. Jika arus kas perusahan dinilai memiliki kinerja yang baik, mereka tak segan untuk menyuntikkan dana pada perusahaan tersebut. Laporan laba rugi dapat memprediksi arus kas di masa yang akan datang dengan cara melihat kenaikan pendapatan secara konsisten dari tahun ke tahun.

Contoh Laporan Laba Rugi PKP (Pengusaha Kena Pajak)

Pengusaha kena pajak atau PKP adalah individu atau badan yang memiliki kegiatan usaha atau yang pekerjaannya menghasilkan barang yang kena pajak, mengimpor dan mengekspor barang kena pajak, memiliki usaha perdagangan, memanfaatkan barang kena pajak, melakukan kegiatan usaha kena pajak, atau memanfaatkan jasa yang kena pajak. Untuk menjadi PKP atau pengusaha kena pajak, orang atau badan usaha tersebut harus mendaftar untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Lalu apakah sama laporan laba rugi pada perusahaan biasa dan perushaan pengusaha kena pajak (PKP)? Jawabannya tentu saja berbeda. Pada pada perusahaan yang tidak kena pajak, misalnya ukm, perusahaan tidak dikenai pajak seperti halnya perusahaan kena pajak. Hanya saja ukm harus membayak pajak sebesar 1% dari penghailannya tiap bulan. Dengan demikian dalam laporan laba rugi tidak akan terdapat pengeluaran pajak seperti halnya pada perusahaan kena pajak.

Pada laporan laba rugi perusahaan kena pajak, akan terdapat berbagai pengeluaran pajak seperti pajak penghasilan, pajak untuk penggunaan balat perusahaan yang terkena pajak, dan sebagainya. Dalam laporan laba rugi perusahaan kena pajak akan dikenal istilah laba bersih komersial yaitu laba yang dihitung sesuai dengan prosedur serta sistem pembukuan yang wajar dan diakui standar akuntansi keuangan. Penghitung laba bersih komersial ini adalah orang wajib pajak. Ada juga laba fiskal atau laba kena pajak. Untuk mendapatkan laba kena pajak ini, laba harus dikurangi penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

Dalam pembuatan laporan laba rugi, ada tiga cara yang dapat digunakan yaitu laporan laba rugi belum melakukan pertimbangkan koreksi fiskal, laporan laba rugi sudah melakukan pertimbangkan koreksi fiskal, dan laporan laba rugi penghasilan sudah terkena pajak.

Demikianlah informasi tentang contoh laporan keuangan laba rugi PKP. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Surat Pengunduran Diri
Sebelumnya: Mengenal Konsep Dasar Genetika Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar