Contoh Laporan Pembukuan Usaha yang Sederhana untuk Pengusaha Kecil


Bagaimana contoh laporan pembukuan usaha? Sejak awal saat memulai usaha, setiap orang memerlukan laporan yang menyebutkan mengenai rincian-rincian uang yang telah dikeluarkan maupun uang yang didapatkan.

Dengan adanya laporan keuangan, maka pengusaha dapat menghitung laba-rugi dari usahanya. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan informasi yang tepat untuk meneruskan bisnisnya atau tidak.

Pembukuan atau laporan pembukuan usaha menjadi faktor penting dalam kemajuan sebuah usaha. Lalu, bagaimanakah contoh laporan pembukuan usaha yang sederhana untuk pengusaha kecil?

Laporan Pembukuan

Agar uang yang dikeluarkan dan pemasukan seimbang, para pengusaha memerlukan laporan pembukuan. Baik itu dari usaha kecil maupun usaha menengah ke atas. Dari laporan pembukuan itu, dengan mudah, pengusaha akan melihat secara langsung bagaimana arus uang pada usaha mereka.

Pada awalnya, memang terasa menakutkan melihat dan membuat laporan pembukuan. Namun, pengusaha tetap tidak boleh melupakan laporan pembukuan yang satu ini. Laporan ini sangatlah penting untuk kemajuan bisnis Anda. Dengan adanya laporan keuangan, bisnis Anda akan berjalan dengan baik.

Bagi pengusaha yang telah sukses, mungkin tidak sulit untuk membuat laporan ini. Terkadang beberapa pengusaha besar mempekerjakan orang untuk mengurus laporan keuangan usaha. Namun, bagi pengusaha kecil, tidak perlu repot-repot untuk membuat laporan yang rumit. Buatlah laporan yang sederhana saja dan mudah dimengerti.

Pertama, Anda hanya perlu memisahkan antara uang usaha dan uang pribadi. Ke dua, catat selalu barang yang telah dibeli dan barang-barang yang terjual. Dari semua data transaksi tersebut, kemudian semuanya dikumpulkan menjadi satu. Lalu, buatlah setiap hasil transaksi ke dalam beberapa buku yang diberi nama berbeda.

Kemudian, buatlah tabel-tabel dan beri nama sesuai dengan yang dibutuhkan oleh buku tersebut. Setelah itu, barulah bisa menghitung berapa laba dan rugi dari usaha Anda. Mudah sekali, bukan? Untuk Anda yang baru memulai bisnis, Anda bisa mencoba pembukuan sederhana ini.

Demikianlah artikel singkat mengenai contoh laporan pembukuan usaha yang sederhana untuk pengusaha kecil. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda semua. Ingatlah, sangat penting untuk membuat laporan pembukuan usaha atau laporan keuangan untuk kemajuan usaha Anda.

Selanjutnya : Sholat Sunah Wudhu
Sebelumnya: Kata-Kata Tata Krama Santun Dalam Kehidupan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar