Contoh Laporan Penelitian Kualitatif


Secara umum, contoh laporan penelitian kualitatif adalah contoh laporan yang membicarakan masalah gejala sosial yang dipandang secara holistik,  kompleks dinamis, dan bersifat induktif.  Karena itu, permasalahan yang ada cenderung masih belum jelas dan samar. Makanya, sudah dimaklumi bahwa laporan penelitian kualitatif umumnya bersifat sementara dan akan berkembang di saat peneliti mengamati objek yang ditemukan di lapangan.

Sistematika Penulisan Laporan Penelitian Kualitatif

Inilah sistematika penulisan laporan penelitian kualitatif.

I. Pendahuluan

Di dalam bab pendahuluan terdapat beberapa subbab yang mesti dicantumkan, yaitu sebagai berikut.

a. Latar Belakang

Di dalam subbab ini yang dicantumkan ihwal permasalahan yang dinilai layak untuk diteliti. Di subbab ini, penyataan peneliti untuk mengkaji masalah yang diangkat bisa dari studi pendahuluan, data yang ditemukan, dan pernyataan narasumber yang dapat dipercaya.

b. Fokus Penelitian

Untuk fokus penelitian, sejatinya sudah diungkap secara singkat di subbab pendahuluan. Namun, di subbab fokus penelitian ini dijelaskan dengan detail. Dan tentunya, fokus ini setelah mendapat arah dari pembimbing.

c. Rumusan Masalah

Di rumusan masalah ini, peneliti mencoba makin memetakan apa yang akan diteliti. Artinya, kefokusan pada objek yang diteliti kian jelas.

d. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian yang bakal dilakukan harus bisa menjawab apa yang termaktub di dalam rumusan masalah. Sehingga, kefokusan penelitian kian jelas.

e. Manfaat Penelitian

Di dalam subbab ini, peneliti menyadari bahwa laporan yang dibuatnya sangat mungkin untuk dilakukan pengembangan pada pembahasannya.

II. Studi Kepustakaan

Di dalam studi kepustakaan, maka peneliti harus mencantumkan teori-teori yang digunakan dalam penelitiannya yang biasanya dibagi ke dalam tiga, yaitu:
a.    teori 1,
b.    teori 2, dan
c.    teori 3.

III. Prosedur Penelitian

Di dalam bab prosedur penelitian ini terdapat beberapa subbab penelitian, yaitu sebagai berikut.

a.    Metode Penelitian
b.    Tempat Penelitian
c.    Instrumen Penelitian
d.    Sampel Sumber Data
e.    Teknik Pengumpulan Data
f.    Teknik Analisis Data
g.    Rencana Pengujian Keabsahan Data

IV. Organisasi Penelitian dan Jadwal Penelitian

Jika penelitian dilakukan dengan berkelompok (tim), maka mesti dijelaskan subbab organisasi penelitiannya. Selain itu, masing-masing anggota harus menjelaskan tugasnya. Begitu juga dengan waktu penelitian yang dilakukan, mesti dicantumkan.

V. Biaya yang Diperlukan

Peneliti juga membuat kalkulasi dana yang dibutuhkan selama proses penelitian berlangsung.

Inilah contoh laporan penelitian kualitatif. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Ajaran Pokok Syiah
Sebelumnya: Cara Menghaluskan Setrika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar