Contoh Laporan Program Penyuluhan Pertanian


Seorang penyuluh pertanian memang dibutuhkan keberadaannya. Karena kehadirannya diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani. Penyuluh pertanian berperan sebagai sosok yang membantu pengamanan ketahanan pangan. Di dalam artikel contoh laporan program penyuluhan pertanian ini akan dikupas apa saja yang dilakukan oleh penyuluh.

Berprofesi sebagai penyuluh bukanlah pekerjaan yang mudah. Alasannya, karena harus bisa bergaul dan bersosialisasi dengan khayalak. Dan tentunya, dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Karena setiap petani yang dihadapi tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dilihat dari sisi sosial budayanya, pendidikannya, ketrampilannya hingga kemampuannya menggunakan teknologi.

Di sinilah dibutuhkan pendidikan dan kemampuan bersosialisi seorang penyuluh. Ia tidak hanya pintar secara akademis, tapi juga pintar dalam berkomunikasi dengan siapa saja. Maka dari itu, program yang dibangun oleh penyuluh harus berdasarkan sesuai dengan karakteristik petani.

Program penyuluhan pertanian di Indonesia sudah ada sejak tahun 1960. Program yang sudah dibangun dan dijalan oleh para penyuluh adalah adanya kursus tani mingguan yang dibagi dalam tiga kategori. Yaitu, dewasa, wanita dan pemuda. Semua ini dilakukan dengan pelaksanaan kunjungan keluarga dan program peningkatan produksi.

Program tersebut disebut degan nama program Latihan dan Kunjungan (LAKU). Program ini memang baru membumi sejak tahun 1975. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan produksi komoditi petani dengan pemanfaatan teknologi. Di saat inilah muncul Panca Usaha dan Sapta Usaha.

Mulai saat inilah para penyuluh pertanian difokuskan mengajar petani dan menyampaikan aneka rekomendasi yang sudah diprogam di dalam paket-paket teknologi. Di sinilah petani dididik untuk menjalankan sistem kerja yang berkaitan dengan manajemen waktu yang ketat dan penggunaan teknologi untuk menghasilkan hasil pertanian yang cepat dan maksimal.

Hanya saja, program yang sudah direncanakan tak selama berjalan lancar. Program LAKU tersebut mengalami kemunduran. Pertemuan petani dengan penyuluh yang dilakukan setiap minggunya mengalami penurunan. Hal ini disebabkan banyaknya petani yang merasa apa yang diajarkan oleh para penyuluh tak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Akhirnya, program-program yang sudah disusun di dalam laporan penyuluhan pertanian hanya bisa berjalan beberapa tahun saja. Semua ini hanya disebabkan kekurangpuasan petani pada apa yang diajarkan oleh penyuluh.

Meski yang diajarkan adalah program-program yang memang sudah diatur di dalam laporan program penyuluhan pertanian. Inilah artikel singkat yang mengupas contoh laporan program penyuluhan pertanian. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Puding Buah Kiwi
Sebelumnya: Bagaimana Contoh Wawancara Kerja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar