Contoh Latar Belakang dan Kesimpulan Tentang Konsep JIT


Contoh Latar Belakang dan Kesimpulan Tentang Konsep JIT

Siapa yang tidak mengenal Toyota? Perusahaan otomotif paling terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini maju dengan menerapkan konsep ‘Just In Time’ atau JIT. Contoh latar belakang dan kesimpulan tentang konsep JIT ini telah dipelajari banyak orang. Mereka merasa bahwa apa yang telah diterapkan oleh Toyota memang benar-benar manjur dan mampu menaikan pendapatan perusahaan.

Dari Konsep Supermarket

Latar belakang diterapkannya JIT tentu saja sebagai upaya membuat kinerja perusahaan menjadi efektif dan efisien. Konsep JIT artinya adalah apa yang diproduksi akan terserap oleh pasar. Hanya membuat apa yang dibutuhkan dan hanya mengirimkan apa yang diperlukan. Inilah mengapa produk Toyota benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Apa yang dipelajari dari sistem yang ada di supermarket adalah mengetahui kebutuhan konsumen dan mempersiapkan semua kebutuhan itu tepat waktu. Kalau kehilangan momen, artinya kehilangan banyak barang dan kerugian akan berdampak pada semua lini kehidupan perusahaan.

Contoh penerapan dari konsep JIT ini adalah pada penyediaan suku cadang. Sebelum mengeluarkan produk baru, Toyota telah mempersiapkan tenaga  teknisi yang akan menangani kalau terjadi kesalahan atau kerusakan pada produk tersebut. Suku cadang pun telah disiapkan. Toyota telah memperkirakan apa saja yang mungkin akan terjadi.

Oleh karena itu, ketika produk dilempar ke pasaran, semua lini sudah siap dan tidak akan terdengar keluhan konsumen yang akan membuat penjualan menurun. Semua kesiapan itu dilakukan dengan teliti dan melalui prosedur yang sangat ketat. Pelayanan yang paripurna inilah yang membuat para pelanggan produk Toyota sulit mengubah pikiran mereka dan membeli produk lain selain Toyota.

Lihatlah, apa yang terjadi pada mobil Avanza. Kesiapan Toyota telah membuat produk satu ini merajai pangsa pasar mobil di seluruh Indonesia. Toyota menjadi sangat peduli dan sangat tahu apa yang diperlukan oleh para konsumennya. Inilah konsep JIT yang sebenarnya. Belum ada keluhan yang luar biasa yang dilemparkan oleh para pemilik kendaraan produksi Toyota.

Konsep JIT ini sangat manjur sehingga kini banyak perusahaan yang berusaha menerapkannya. Misalnya, Honda, yang juga bergerak di bidang otomotif terutama sepeda motor. Contoh latar belakang dan kesimpulan tentang konsep JIT telah pihak Honda aplikasikan sehingga Honda pun merajai dunia motor Indonesia.

Selanjutnya : Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar
Sebelumnya: Contoh Kasus Perilaku Konsumen untuk Pengembangan Bisnis di Era Digital
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar