Contoh Latar Belakang Masalah Penelitian Psikologi


Jika Anda melakukan sebuah penelitian pasti ada alasan mengapa penelitian tersebut dilakukan. Latar belakang dalam penelitian menggambarkan suatu permasalahan dan isu utama tentang penelitian.

Latar belakang masalah alangkah lebih baik jika dimulai dari menjelaskan kondisi umum ke kondisi khusus. Dengan demikian,  hal yang disampaikan dalam latar belakang tersebut menjadi fokus dan mudah dipahami.

Contoh Latar Belakang Masalah

Berikut ini merupakan contoh latar belakang masalah penelitian psikologi yang mengangkat isu mengenai dunia remaja. Mulai dari perubahan perilaku, sampai dengan kenakalan remaja.

Remaja adalah proses transisi dari fase anak-anak menuju fase dewasa. Remaja bukan anak-anak bukan pula layak disebut dewasa. Secara visual, mungkin remaja terlihat seperti seorang dewasa akan tetapi jiwa mereka masih labil dan cenderung kekanak-kanakkan.

Masa remaja juga identik dengan masa puber yaitu masa remaja mulai tertarik dengan lawan jenis dan masalah-masalah seksual yang berada di sekitar lingkungannya. Karena merupakan masa peralihan itu, remaja sering mengalami masalah dalam menyesuaikan diri. Perubahan fisik remaja juga berdampak terhadap perubahan perilaku.

Perubahan perilaku lain yang terjadi pada remaja adalah bertindak menyimpang terhadap norma-norma yang berlaku. Hal tersebut terjadi karena jiwa seorang remaja masih labil dan cenderung memberontak terhadap ketentuan yang ada. Rasa penasaran yang tinggi akan keadaan lingkungan sekitarnya mendorong remaja bertindak tidak biasa. Apabila perilaku menyimpang yang dilakukan remaja tidak bisa dikendalikan maka akan mengganggu sistem sosial.

Wujud kenakalan remaja yang sering terjadi adalah minum minuman keras, tawuran, bahkan mengarah kepada tindakan melanggar hokum, seperti terlibat aksi pembunuhan, pemerkosaan, mengkonsumsi obat-obat terlarang, dan seks bebas.

Berbagai macam tindakan kriminal ini sebagian besar dilakukan oleh remaja. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut maka penelitian ini akan menggali lebih dalam tentang sebab perilaku menyimpang yang dilakukan oleh kalangan remaja.

Saat melakukan penelitian, Anda dapat memilih tema atau isu yang menarik dan update akan memberikan stimulus tertentu terhadap kekuatan latar belakang masalah. Semoga sedikit contoh latar belakang masalah peneltian psikologi ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang akan melakukan penelitian dengan tema yang sama.

Selanjutnya : Memelihara Marmut dan Kandang Marmut
Sebelumnya: Cara Goreng Pisang agar Rasanya Enak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar