Contoh Latar Belakang Penulisan Kegiatan Laporan


Seperti apa  contoh latar belakang penulisan kegiatan laporan? Sebelum menjelaskan hal tersebut perlu diketahui terlebih dahulu tentang apa dan bagaimana kegiatan laporan itu.

Ketika berada dalam suatu kegiatan, baik kegiatan dari instansi ataupun sekolah. Seringkali diminta sebuah laporan dari kegiatan tersebut.

Hal ini dilakukan karena laporan merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban dari sebuah kegiatan. Laporan ini sering disebut sebagai laporan kegiatan, biasanya berisi apa yang dilakukan dan apa yang didapatkan dari sebuah kegiatan.

Karena sifatnya yang penting, laporan kegiatan biasanya bersifat formal dalam penyusunannya. Bentuknya akan seperti karya ilmiah namun biasanya tidak kompleks dan lebih sederhana.

Dalam membuat laporan, para pembuat laporan seringkali tidak banyak menemui kesulitan di bagian isi. Hal ini karena pembuat laporan tahu seluk beluk yang akan dibahas, ia biasanya terjun langsung pada kegiatan tersebut.

Hal yang paling sulit dalam membuat laporan justru saat membuat bagian pendahuluan atau lebih sepesifiknya saat membuat latar belakang laporan kegiatan. Untuk itu akan dibahas secara ringkas hal apa saja yang perlu dilakukan saat membuat laporan kegiatan.

Dalam menyusun latar belakang, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menyusun latar belakang dengan baik dan tidak keluar pada konteks. Untuk membuat latar belakang dalam penyusunan kegiatan laporan, yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

•    Buatlah pendahuluan yang sesuai dengan fakta saat kegiatan. Tidak perlu dimulai dengan pembahasan yang jauh. Misalnya membahas kegiatan tentang seminar kesehatan masyarakat, tidak usah membahas pengertian kesehatan dan teorinya tetapi cukup dasar dan alasan mengapa kegiatan seminar tersebut diadakan.

•    Cara paling mudah dalam menyusun latar belakang masalah adalah dengan metode segitiga terbalik. Mulailah dengan hal paling umum seperti langkah pertama, kemudian mulai mengerucut kepada pembahasan kegiatan.

•    Pada bagian akhir, ungkaplah mengapa kegiatan tersebut perlu dilaksanakan. Setelah menjabarkan hal itu, maka hubungkan dengan judul laporan kegiatan  yang diusung.

Itulah beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat membuat contoh latar belakang penulisan kegiatan laporan. Hal yang paling penting adalah tidak keluarnya konteks dari pembahasan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Ekosistem Laut dan Komponen Manusia-manusianya
Sebelumnya: Beberapa Hadits tentang Keutamaan Menuntut Ilmu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar