Contoh Lukisan Daun Kering Pelepah Pisang


Pernahkah Anda melihat contoh lukisan daun kering? Bila pernah, pasti Anda kagum dan senang melihatnya. Contoh lukisannya sendiri bermacam-macam. Ada yang pemandangan, kaligrafi, hewan-hewan dan manusia. Pertanyaanya, apakah Anda ingin tahu proses pembuatannya?

Proses pembuatannya cukup gampang dan mudah dilakukan. Berikut ini caranya dengan menggunakan pelepah pisang kering:

1. Pilihlah pisang serta pelepah pisah pisang yang sudah kering di pohonnya. Bila sudah kering, tidak perlu dijemur. Jangan pernah menggunakan pengawet dan pewarna buatan. Karena ini akan menghilangkan kesan alami lukisan yang dibuat dari pelepah pisang.

2. Untuk warna pisang, disesuaikan dengan kebutuhan pelukis yang sesuai dengan gaya dan tema lukisan. Bila lukisan sudah jadi tidak perlu divernis. Inilah nantinya yang akan menunjukkan kecantikannya.

3. Untuk penguatnya, bisa menggunakan lem. Tidak lem khusus yang digunakan. Anda bebas menggunakan jenis lem apa saja. Namun kebanyakan pelukis menggunakan lem kertas atau kayu. Alasannya, daya rekatnya lebih kuat.

Proses Penempelan Pelepah Pisang di Dalam Lukisan

1. Cara pertama-tama yang dilakukan para pelukis biasanya adalah menempelkan latar belakang yang warna gelap seluruhnya. Bila sudah kering, barulah dipasang tulisan kaligrafi yang warna agak terang.

2. Bila kerajinan tangan atau lukisan yang terbuat dari daun pelapah pisang kering menjadi lebih merata dan kuat, umumnya daun kering yang berasal dari pelepah pisang ditempel. Kemudian di atas lukisan diberi pemberat hingga lem menjadi kering. Tujuannya adalah, lem menempel dengan rata di setiap bagian pelepah pisang yang ditempel tersebut.

3. Untuk yang baru mencoba membuat kerajinan tangan atau lukisan dengan menggunakan daun pelepah pisang kering sangat dibutuh kreativitas dan kesabaran yang tinggi. Pasalnya, jika hanya asal tempel akan membuat lukisan menjadi tidak menarik.

Selain itu, dibutuhkannya kreativitas dan kesabaran yang ekstra disebabkan melukis dengan daun kering yang berasal dari pelapah pisang tidaklah sama dengan melukis dengan kanvas. Makanya, untuk menciptakan keindahannya dibutuhkan kesabaran yang ekstra.

4. Bila Anda sudah mahir, maka bakal tahu seperti apa proses melukis dengan daun kering. Pada titik inilah nanti hasil kreativitas Anda bakal dihargai dengan mahal.

Inilah contoh lukisan daun kering yang berasal dari pelapah pisang dan proses pembuatannya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tip dan Cara Okulasi Jeruk
Sebelumnya: Contoh-Contoh Kasus Kekerasan di Masyarakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar