Contoh Makalah Gotong Royong Dalam Masyarakat Indonesia


Makalah gotong royong dalam masyarakat pastinya dibuat atau disusun dengan tujuan tertentu, misalnya untuk mengetahui definisi gotong royong serta mengulas tentang manfaat dari gotong royong itu sendiri. Membuat makalah seperti ini pun tidak terlalu sulit, apalagi kita hidup di Indonesia yang merupakan suatu bangsa dengan ciri khas gotong royongnya.

Di bawah ini akan diberikan contoh sederhana bagaimana menyusun sebuah makalah tentang gotong royong, mulai dari bab pendahuluan hingga bab penutup yang berupa kesimpulan.

1. Bab I Pendahuluan

Latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan penelitian adalah bagian-bagian dari bab pendahuluan. Berikut adalah contohnya.

•    Latar belakang

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, maka manusia tidak akan bisa hidup seorang diri tanpa bantuan orang lain. Dalam kehidupan bermasyarakat, saling tolong-menolong ini disebut dengan gotong royong. Di Indonesia sendiri, gotong royong telah menjadi salah satu ciri khas yang menjadi identitas bangsa. Sayangnya, seiring dengan perkembangan zaman, kesadaran untuk gotong royong ini mulai memudar di masyarakat.

•    Rumusan masalah

1.    Apakah pengertian gotong royong?
2.    Apakah manfaat gotong royong?
3.    Bagaimana perkembangan gotong royong di Indonesia?

•    Tujuan penelitian

1.    Mengetahui pengertian gotong royong.
2.    Mengetahui manfaat gotong royong.
3.    Mengetahui perkembangan gotong royong di Indonesia.

2. Bab II Isi

Setiap rumusan masalah yang telah disebutkan pada bab pertama harus dijelaskan secara detail pada bab kedua ini. Berikut adalah contoh penulisan pembahasan pada makalah.

1.    Pengertian Gotong Royong

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang secara bersama-sama. Dalam prosesnya, semua orang tersebut akan saling membantu satu sama lain. Dengan demikian, tujuan dari kegiatan itu bisa tercapai dengan hasil maksimal.

3. Bab III Penutup

Bab ini diisi dengan kesimpulan dari seluruh pembahasan. Kesimpulan ini juga bisa disebut dengan rangkuman tentang apa yang sudah ditulis di dalam makalah. Kesimpulan biasanya ditulis singkat tanpa penjelasan terlalu panjang.

Begitulah cara menyusun makalah gotong royong dalam masyarakat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Tugas Editor Buku
Sebelumnya: Mengenal Tokoh-Tokoh yang Memperjuangkan Kemerdekaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar