Contoh Makalah Kajian Drama tentang Aliran-aliran Drama dan Pengertiannya


Contoh makalah kajian drama tentang aliran-aliran drama dan pengertiannya telah banyak ditulis oleh penulis-penulis di bidang seni, maupun yang bukan berasal dari latar belakang seni. Namun, umumnya isi yang terkandung dalam makalah kajian drama tidak jauh berbeda antara makalah yang ditulis oleh penulis yang satu dengan penulis yang lainnya. Paling tidak yang dibahas adalah apa itu drama dan pembagian-pembagian drama itu sendiri.

Dalam artikel ini, sekali lagi dibahas hal yang sama seperti yang telah dituliskan dalam makalah-makalah tentang drama. Namun, dalam artikel ini topik yang sama akan dikemas lebih singkat agar lebih mudah dimengerti. Sebelum membahas aliran-aliran tentang drama, sebaiknya lebih dulu kita kenal apa itu drama.

Drama adalah pertunjukan yang telah dikenal sejak zaman Kekaisaran Yunani. Dulu pertunjukan drama merupakan pertujukan paling berkelas dan ditonton oleh kaum-kaum bangsawan saja. Namun, seiring berjalan waktu dan adanya film-film layar lebar, maka pertunjukan drama mulai jarang dimainkan.

Aliran Drama

Seni pertunjukan drama sendiri terbagi atas bebarapa aliran yang menjadi identitas dari masing-masing pertujukan drama. Beberapa aliran tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Neoklasisme, merupakan aliran yang banyak mengedepankan tema-tema tentang nilai-nilai kebenaran dan asusila. Pada aliran ini pengangkatan nilai-nikai Ketuhanan terlihat jelas pada setiap pertunujkan drama yang dimainkan. 
  2. Romantisme, merupakan aliran ekspresif atas pengungkapan rasa cinta kepada semesta. Jadi, aliran romantisme tidak harus berhubungan dengan ekspresi rasa cinta kepada pasangan saja. 
  3. Realisme, merupakan aliran yang mengedepankan kritis terhadap segala sesuatu yang ada maupun yang tidak ada.
  4. Klasisme, merupakan aliran drama yang sangat patuh terhadap konsep naskah. Biasanya seputar sebab akibat dari perilaku seseorang.
  5. Absurdisme, merupakan aliran yang menyiratkan pencitraan atas apa yang terjadi di muka bumi ini. Bahwa sesungguhnya segala sesuatu di muka bumi ini bersifat absurd.
  6. Simbolisme, merupakan aliran yang mengandalkan intuisi tentang sebuah kebenaran.

Demikian contoh makalah kajian drama tentang aliran-aliran drama dan pengertiannya. Semoga informasi tentang drama dan alirannya ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Ramalan Bintang Virgo–Tahun 2013 Penuh Ambisi
Sebelumnya: Cerita Legenda Singkat Berbahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar