Contoh Makalah Lingkungan Hidup – Urgensi Ruang Terbuka Hijau


Seperti apakah contoh makalah lingkungan hidup? Makalah lingkungan hidup adalah makalah yang membahas ihwal menjaga dan memperbaiki kualitas lingkungan yang ada. Salah satu caranya adalah dengan memahami betapa urgen dan pentingnya ruang terbuka hijau. Kenapa ini dianggap penting?

Jawabannya, karena dengan adanya ruang terbuka hijau akan terciptanya nanti keseimbangan lingkungan. Keseimbangan lingkungan tersebutlah yang menjadi solusi untuk menyelamatkan lingkungan.

Pasalnya, saat ini hampir di seluruh kota di Indonesia polusinya sudah sangat mengerikan. Tanpa ada ruang terbuka lingkungan hidup akan bisa membuat terjadinya bencana alam yang akan merugikan manusia sendiri nantinya.

Definisi dan Fungsi Ruang Terbuka Hijau

Lalu, apa sebenarnya definisi ruang terbuka hijau sendiri? Secara sederhana, ruang terbuka hijau bisa dipahami sebagai lahan terbuka yang tidak adanya bangunan yang memiliki ukuran tertentu dan di dalam lahan tersebut ditanam tumbuh-tumbuhan dan pepohonan. Artinya, ruang terbuka hijau tersebut menjadi taman kota untuk tempat menikmati udara dan bisa dijadikan tempat bermain.

Sehingga fungsi dari ruang terbuka hijau sendiri pun menjadi beragam. Yang paling penting ruang terbuka hidup memiliki kemampuan menyerap karbondioksida dan menciptakan oksigen dengan proses fotosintesis.

Selain itu, ruang terbuka hijau juga berfungsi sebagai lahan resapan air. Di sinilah, ia menjadi pengatur tata air di kota tersebut. Dengan adanya resapan air, masyarakat tak perlu lagi khawatir dengan curah hujan yang begitu deras.

Terlebih lagi, jika di ruang terbuka hijau atau taman kota tersebut terdapat pohon-pohon besar yang memiliki kemampuan menampung air dengan kuantitas yang banyak.

Bila dilihat dari sini, nyaris di setiap kota-kota besar yang ada di negeri ini nyaris sangat sedikit sekali memiliki ruang terbuka hijau atau taman kota. Padahal urgensinya sangat penting sekali.

Semestinya, pemerintah kota lebih banyak membangun taman kota ketimbang memberi izin kepada pada pihak-pihak yang membangun gedung-gedung bertingkat seperti hotel, plaza dan lain sebagainya.

Dari contoh makalah lingkungan hidup ini kita dapat memahami bahwa keberadaan ruang terbuka atau taman kota sangatlah penting sekali. Selain itu, kita pun harus bisa menjaga lingkungan untuk tetap asri selalu dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan selalu membersihkan drainase.

Selanjutnya : Ramuan Kopi Kapulaga
Sebelumnya: Menjadi Wanita Sukses adalah Impian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar