Contoh Makalah Perbandingan Kebudayaan


Makalah perbandingan kebudayaan merupakan salah satu contoh karya tulis yang akan memberikan pengetahuan seputar budaya kepada pembacanya. Apalagi bila di dalam makalah juga dijabarkan tentang budaya-budaya di luar Indonesia, hal ini tentu sangat berguna untuk menambah wawasan kita

Bila Anda tertarik menulis makalah tentang kebudayaan seperti ini, maka Anda harus mengetahui langkah-langkah penyusunan makalah yang akan diuraikan secara singkat di bawah ini.

A. Cover

Berisi judul makalah, misalnya kita akan membuat makalah dengan judul “Perbandingan Kebudayaan Indonesia dengan Malaysia”. Selain judul, penulis harus mencantumkan identitasnya secara lengkap di bagian cover ini.

B. Kata pengantar

Bagian ini umumnya berisi ungkapan syukur dari penulis, termasuk proses pembuatan makalah, tujuan, serta harapan-harapan penulis terkait makalah kebudayaan yang dibuatnya.

C. Daftar isi

Berupa daftar halaman isi makalah kebudayaan.

D.  Bab I Pendahuluan

Bab pembuka makalah ini berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan makalah kebudayaan. Contoh:

•    Latar belakang

Indonesia adalah salah satu negara yang sangat kaya dengan kebudayaannya. Budaya nasional Indonesia telah menjadi ciri khas dari negara ini, namun bukan berarti kebudayaan Indonesia tidak memiliki persamaan atau perbedaan dengan budaya bangsa lain.

•    Rumusan masalah

1.    Apa saja contoh kebudayaan Indonesia?
2.    Apa saja contoh kebudayaan Malaysia?
3.    Apa persamaan dan perbedaan kebudayaan Indonesia dan Malaysia?

•    Tujuan makalah

1.    Mengetahui contoh kebudayaan Indonesia.
2.    Mengetahui contoh kebudayaan Malaysia.
3.    Mengetahui persamaan dan perbedaan kebudayaan Indonesia dan Malaysia.

E. Bab II Isi

Bab ini berisi pembahasan detail mengenai kebudayaan Indonesia serta kebudayaan Malaysia yang menjadi pembandingnya. Contoh:

1.    Kebudayaan Indonesia

Kebudayaan nasional Indonesia sejatinya berasal dari kebudayaan-kebudayaan daerah atau lokal yang tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing. Kebudayaan di Indonesia meliputi berbagai hal, mulai dari kesenian, sastra, maupun teknologi seperti senjata….

F. Bab III Penutup

Bab ini merupakan penutup makalah yang berisi kesimpulan mengenai pembahasan kebudayaan, termasuk perbandingan kebudayaan dua negara yang tengah dibahas.

G. Daftar Isi

Daftar ini berisi kumpulan referensi penulisa dalam menyusun makalah keudayaan.

Itulah cara menyusun makalah perbandingan kebudayaan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang merampungkan makalah budaya.

Selanjutnya : Menurut Islam Maskawin Itu Sebaiknya Berupa Apa dan untuk Apa?
Sebelumnya: Reproduksi Pria dan Wanita Serta Penyakit yang Menyerang Sistem Reproduksi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar