Membuat Contoh Makalah Sejarah Indonesia


Bagaimana contoh makalah sejarah Indonesia? Saat duduk di bangku sekolah maupun kuliah kita tidak pernah terlepas dari penulisan makalah. Setiap hasil praktek, maupun teori sistem pendidikan telah menerapkan penulisan makalah sebagai bentuk laporan maupun tugas kelompok.

Pelajaran yang mengenai sejarah pun turut serta meningkatkan pengetahuan dalam bentuk makalah. Tak heran jika kebutuhan menulis makalah yang benar menjadi acuan untuk dunia pendidikan saat ini.

Penulisan Makalah

Penulisan makalah harus sesuai dengan urutan yang benar. Misalnya akan membuat judul tentang “Sejarah Indonesia Candi Dieng”. Urutannya sebagai berikut:

1. Kata Pengantar yang berisi ucapan-ucapan terima kasih kepada Tuhan dan kepada pihak-pihak yang membantu menyelesaikan makalah Sejarah Indonesia Candi Dieng.

2. Daftar isi yang berisikan judul serta halaman yang memuat suatu bahasan.

3. Bab I sebagai Pendahuluan berisi tentang latar belakang pembuatan makalah Sejarah Indonesia Candi Dieng, batasan masalah mengenai hal-hal yang akan dibahas pada makalah. Batasan masalah ditulis dengan pola kalimat tanya. Selanjutnya adalah tujuan, lalu metode yang digunakan untuk pembuatan makalah.

4. Bab II adalah Pembahasan berisi tentang pendiri Candi Dieng, Pembangunan Candi Dieng, dan lain-lain yang disesuaikan dengan apa yang ingin dibahas.

5. Bab III adalah Penutup terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisi tentang jawaban yang menjadi pertanyaan pada batasan masalah di Bab II. Sedangkan saran berisi saran-saran yang perlu disampaikan penulis setelah melihat dan membuat makalah tentang “Sejarah Indonesia Candi Dieng”.

6. Daftar Pustaka berisi semua sumber-sumber referensi yang berkaitan dengan judul dan dipergunakan sebagai pendukung untuk membuat makalah. Penulisan daftar pustaka harus berdasarkan pada kaidah yang benar, contohnya: Asmorowati. 1999. Candi Dieng. Cimanggis: Puspa Swara

Untuk pertama kali memang sedikit bingung dan kesulitan untuk membuat makalah. Terlebih lagi jika tema yang diangkat adalah tema sejarah.

Tentu harus berdasarkan pada buku yang benar dan memuat isi makalah yang dapat dipertanggungjawabkan. Namun jika telah terbiasa akan dengan mudah kita bisa menyelesaikan dalam membuat makalah.

Tidaklah sulit membuat makalah sejarah asalkan kita mengikuti aturan penulisan yang ada. Dengan mengetahui cara membuat contoh makalah sejarah Indonesia, selain kita bisa membuat makalah dengan benar pengetahuan sejarah juga akan bertambah.

Selanjutnya : Usaha Perkebunan
Sebelumnya: 2 Pendapat Tentang Shalat Ghaib
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar