Contoh Makalah Tentang Gempa Bumi


Contoh makalah tentang gempa bumi, bisa Anda cari dari sumber-sumber terpercaya, misalnya perpustakaan,  balai penelitian geologi, atau yang paling mudah di internet.  Gempa bumi merupakan objek yang menarik untuk diteliti. Mengapa demikian? Karena, fenomena alam ini merupakan aktivitas tektonik kerak bumi yang terus mencari bergerak mencari posisi tepat.

Pergerakan tanah ini disebabkan oleh pergesarkan lempeng-lempeng bumi, sehingga meletupkan energi besar. Energi ini bersifat destruktif, meruntuhkan apa saja yang ada di permukaan bumi.  Oleh manusia fenomena ini diposisikan sebagai bencana alam.

Bencana gelogis ini akan terus ada, terutama di Indonesia yang berada pada lintasan cincin api dunia. Ditambah lagi letak geografis negara ini, terdapat tiga lempeng besar (Indo – Australia Eurosia dan Pasifik)  yang saling bertemu.
Dengan demikian, potensi gempa besar di Indonesia cukup tinggi. Apalagi, sebagian lempeng ini barada di bawah laut, memungkinkan muncul ancaman tsunami.

Contoh makalah tentang gampa bumi
Berdasarkan fakta di atas, tak heran  wilayah Indonesia menjadi semacam laboratorium raksasa bagi ahli geologis dunia. Berbagai makalah, karya ilmiah dengan topik gempa bumi di Indonesia dihasilkan dari pakar geologis.
Mahasiswa dan pelajar pun senang memilih gempa bumi sebagai objek penelitian. Karena memang bencana ini jauh lebih familiar dengan kehidupan mereka.  Ditambah, cukup banyak sumber literatur dan artikel yang berkaitan dengan gempa. Ini memudahkan mahasiwa dalam menyusun karya ilmiahnya.

Berikut ini contoh kerangka makalah gempa dan tsunami Aceh
Bab I  Pendahuluan
Bab II Pengertian Gempa Bumi
Penyebab gempa
Jenis-jenis gempa
Bab III Penyebab gempa dan tsunami Aceh
Bab IV Tingkat Kerusakan dan Korban
Bab V  Metode Penanganan dan pemulihan pascagempa
Bab VI Kesimpulan
Daftar Pustaka

Tips Menyusun Makalah
Makalah merupakan karya ilmiah yang isinya harus bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah dalam sebuah  forum resmi.  Maka dari itu proses menyusun makalah harus memenuhi ketentuan resmi. Misalnya menggunakan bahasa Indonesia baku.  Kemudian mencantumkan data-data solid yang diambil langsung dari berbagai sumber terpercaya.  Jangan lupa mencantumkan daftar pustaka.

Demikianlah sedikit contoh makalah tentang gempa bumi.

Selanjutnya : Contoh Makanan yg Paling Banyak Kalsiumnya
Sebelumnya: Arti Terpimpin Menurut UUD 1945
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar