Contoh Makanan untuk Penderita Diare


Apakah contoh makanan untuk penderita diare? Ini adalah pertanyaan ketika kita sedang menderita diare. Karena diare adalah penyakit yang disebabkan kekurangan cairan di dalam tubuh yang bisa menyebabkan makin berkurangannya penyerapan air pada usus besar.

Karena itu, dibutuhkan makanan yang dapat membantu metabolisme pada usus yang memerlukan cairan dengan jumlah yang lebih. Maka dari itu, diperlukan makanan yang layak dikonsumsi saat sedang menderita diare. Makanan tersebut harus mengandung syarat-syarat khusus.

1. Sehat dan Bersih

Dikarenakan lambung mengalami gangguan, maka makanan yang diolah dan dimasak haruslah yang bersih dan sehat. Bahkan bukan saja makanan yang bersih, peralatan-peralatan yang digunakan untuk memasak juga harus bersih.

2. Makanan Bergizi Tinggi

Konsumsilah makanan yang bergizi tinggi, namun tidak mesti yang mahal. Karena yang dibutuhkan penderita diare adalah makanan bergizi tinggi. Bahkan, makan tahu dan tempe saja pun sudah termasuk jenis makanan yang bergizi.

3. Lunak

Penderita diare hendaknya memakan makanan yang lunak dan lembut agar proses pencernaannya dapat dilakukan dengan mudah di lambung. Misalnya mengonsumsi agar-agar.

Menu Praktis Penderita Diare

Untuk menu yang praktis dan dapat dinikmati oleh penderita diare adalah dengan memakan bubur sum sum. Untuk membuatnya mudah dan mencari bahan-bahan untuk membuatnya mudah. Berikut ini penulis jelaskan secara singkat cara membuat bubur sum sum.

1. Siapkanlah bahan-bahan utamanya terlebih dahulu, seperti tepung beras150 gr, santan dari sebuah kelapa yang isinya 150 ml, gila merah, gula pasir dan air.

2. Bila bahan-bahan sudah disiapkan, maka ambillah tepung beras 150 gr yang kemudian dicampur dengan santan. Aduklah bahan tersebut hingga kenal dan matang di atas kompor. Untuk membuat adanya rasa, maka campurkan garam sedikit.

3. Setelah itu siapkan kuahnya. Caranya dengan merebus gula merah, gula pasir dan air secara bersamaan hingga matang. Agar saus yang dibuat memberikan keharuman dan segar, maka ditambahkan daun pandan saat merebusnya.

Artinya, daun pandan direbus bersamaan dengan bahan-bahan saus yang lainnya. Inilah contoh makanan untuk penderita diare. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Ramuan Obat Pegal dan Luka
Sebelumnya: Cara Menggunakan Tumblr
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar