Contoh Masalah Penelitian Kualitatif Bahasa Inggris

Dalam penulisan skripsi, Anda akan mengenal adanya metode penulisan kuantitatif dan metode kualitatif. Bila Anda ingin mengangkat masalah dengan tema bahasa Inggris, tentunya Anda ingin tahu apa saja contoh masalah penelitian kualitatif bahasa Inggris.

Macam-Macam Metode Penelitian

Sebelum membahas contoh masalah yang ingin dikemukakan dalam penelitian atau skripsi, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tentang dua macam metodologi penelitian.

  • Metode Kualitatif

Metode yang satu ini berarti penelitian dilakukan secara mendalam terhadap objek yang sedang diteliti berdasarkan data-data yang ada, bukan berdasarkan teori.

Metodologi ini biasanya digunakan bagi mereka yang berkecimpung di bidang ilmu sosial, termasuk bahasa.

  • Metode Kuantitatif

Metode ini adalah kebalikan dari metode kualitatis. Bila pada kualitatif berdasarkan data yang sebelumnya dicari atau didapatkan sendiri, maka kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan berdasarkan teori yang sudah ada sebelumnya.

Metodologi ini kerap dipakai untuk membuktikan kebenaran teori tersebut, dan metode ini sering digunakan bagi mereka yang berkecimpung di bidang ilmu pasti.

Contoh Masalah Penelitian Kualitatif

Sebagai contoh sederhana, kita akan membuat suatu penelitian dengan judul“PerananEF English First dalam Meningkatkan Kemampuan SiswaBerbicara Bahasa Inggris”.

Dari judul yang sudah ditetapkan di atas, maka rumusan atau batasan masalah penelitian juga bisa ditentukan. Berikut ini adalah contoh masalahnya:

1.    Apa itu EF English First?

2.    Apa saja kegiatan EF English First sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris?

3.    Apa kendala yang dihadapi EF English Fisrt dalam usahanya meningkatkan kemampuan siswa berbahasa Inggris?

4.    Apa solusi yang dilakukan EF English First untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam usahanya meningkatkan kemampuan siswa berbahasa Inggris?

5.    Apa alasan siswa untuk memilih bergabung dengan EF English First?

6.    Adakah pengaruh EF English First terhadap perubahan nilai mata pelajaran serta kemampuan berbahasa Inggris?

7.    Apa pendapat para siswa tentang EF English First?

Itulah beberapa contoh masalah penelitian kualitatif bahasa Inggris. Dari beberapa rumusan masalah tersebut, peneliti bisa mencari dan mendapatkan data lewat wawancara serta pengambilan dokumentasi.

Tidak terlalu sulit, bukan? Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam menyelesaikan penelitian.

Selanjutnya : Pendaftaran D3 Unpad 2013
Sebelumnya: Kebudayaan Asing di Negara China
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...