Contoh Membuat Pengumuman Lomba di Sekolah


Seperti apa contoh membuat pengumuman lomba di sekolah? Sebelum menjawab, maka yang paling penting dipertanyakan, apakah lomba yang diadakan bersifat langsung ataukah bersifat tidak langsung? Jika lomba bersifat langsung dan terbuka, maka pengumuman lomba disampaikan secara lisan. Sedangkan lomba yang bersifat tidak langsung pengumuman disampaikan bisa lewat tulisan.

Contoh lomba yang bersifat langsung adalah perlombaan membaca puisi, menyanyi, dan cerdas cermat. Biasanya, jika peserta lomba cukup banyak, perlombaan dibagi menjadi dua bagian.

Ada babak penyisihan dan ada pula babak final. Di babak penyelisihan, juri menyeleksi siapa saja yang berhak masuk dalam nominasi orang-orang yang berhak masuk final. Baru di babak final, juri menampilkan peserta-peserta yang berhak mendapatkan predikat juara.

Di dalam babak final, para juri meminta peserta lomba untuk mempresentasikan kemampuan mereka. Di sini, para audiens juga dapat menyaksikan siapa yang layak dan berhak untuk menjadi juara. Misalnya saja, dalam lomba cerdas cermat, para penonton sudah dapat menebak siapa yang menjadi juara di babak final.

Alasannya, nilai masing-masing kelompok tampak tertera di papan pengumuman nilai. Ketika mengumumkan para juri tidak lagi mendapat protes karena nilainya memang sudah tertera di papan nilai.

Berbeda dengan lomba menyanyi atau membaca puisi. Meski juri setelah mengumumkan kontestan yang masuk dalam babak final dan dilihat pembacaan puisinya di babak final oleh para penonton, namun dalam memutuskan siapa yang menjadi juara tetap harus melakukan diskusi. Di sinilah, kejujuran dewan juri diuji.

Pengumuman yang sifatnya secara langsung biasanya dilakukan dengan diiringi adanya acara hiburan seperti musik atau menonton film bersejarah. Setelah selesai acara hiburan, pihak dewan juri mengumumkan siapa yang berhak menjadi juara. Begitulah cara membuat pengumuman lomba di sekolah yang disampaikan secara lisan. Diiringi dengan hiburan, setelah itu disampaikanlah siapa yang berhak mendapatkan juara.

Ada juga pengumuman dilakukan dengan cara mengirimkan surat ke sekolah-sekolah yang terlibat dalam perlombaan. Biasanya, jenis perlombaan seperti ini adalah perlombaan menulis, menggambar, dan lain sebagainya.

Perlombaan yang dilakukan cuma satu kali putaran. Tidak ada istilah babak penyisihan dan babak final. Keputusan langsung didapat dalam satu kali babak saja. Inilah contoh membuat pengumuman lomba di sekolah yang disesuaikan dengan jenis lomba yang diadakan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Prosedur Text Kerajinan
Sebelumnya: Anatomi Tulang dan Pencernaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar