Contoh Naskah Drama Teater Modern


Arti dari drama teater modern yaitu karya drama teater yang diperoleh dari suatu karya sastra atau dari kejadian sehari-hari yang menggambarkan watak dan disampaikan melalui dialog maupun akting pemainnya. Pementasan suatu drama teater didasarkan dari naskah yang dibuat oleh sutradara. Naskah drama teater yang dimainkan oleh WS Rendra dan Putu Wijaya merupakan salah satu contoh naskah drama teater modern.

Ciri-ciri dari drama teater modern yaitu dipentaskan di panggung tertutup dan tertata rapi serta mempunyai alur cerita tertentu dan mempunyai naskah cerita. Teater modern mempunyai sutradara dan pemain yang melakoni pementasan. Sutradara bertanggung jawab pada naskah dan mengatur pemain agar pertunjukan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan naskah. Pementasan drama teater modern didukung oleh hubungan antara naskah, pementasan, dan penonton.

Pementasan drama teater modern mempunyai tujuan sebagai penyampai pesan kepada penonton agar mengikuti pesan yang disampaikan. Agar pesan dapat disampaikan dengan baik maka pementasan didukung oleh unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang baik pula.

Unsur intrinsik dari drama teater modern antara lain alur cerita, tokoh, pesan yang disampaikan, bahasa, dialog, latar dan petunjuk teknis. Kesatuan dari unsur intrinsik dapat menyajikan pementasan yang menarik. Tema yang kuat dan alur cerita yang mengandung konflik dapat memikat penonton.

Unsur ekstrinsik dalam drama teater modern antara lain tata panggung, musik, pakaian pemain dan perlengkapan yang mendukung jalannya cerita. Unsur ekstrinsik juga sangat penting untuk membangun cerita yang dipentaskan agar pementasan berjalan sesuai yang diinginkan.

Naskah drama teater yang baik harus menyatukan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Naskah yang mempunyai tema dan alur menarik akan membuat penonoton penasaran jalan ceritanya. Dialog yang dilakukan di dalam pementasan drama harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh penonton dan menarik agar penonton tidak bosan dan pesan dapat disampaikan dengan baik.

Contoh naskah drama teater modern antara lain drama teater yang dihasilkan dari teater Koma pimpinan Nano Riantiarno, Bengkel Teater pimpinan WS Rendra, Teater Mandiri yang didirikan Putu Wijaya dan Teater Popular yang didirikan oleh Teguh Karya. Misalnya, “Bila Malam Bertambah Malam” karya Putu Wijaya, “Cermin” karya Nano Riantiarno, dan “Los Bagados DeLos Pencos” karya WS Rendra.

Selanjutnya : Contoh Penulisan Cover Skripsi
Sebelumnya: Contoh Masalah Hukum Bisnis Kontrak Internasional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar