Contoh Naskah Drama untuk 5 Orang di dalam Kelas


Contoh naskah drama untuk 5 orang di dalam kelas bisa berbentuk apa saja. Naskah drama ini bisa berbentuk cerita sederhana maupun cerita fiksi yang dikhususkan untuk memberikan pesan moral kepada setiap orang yang akan menonton pementasan drama tersebut.

Naskah Drama

Biasanya di dalam lingkungan sekolah atau kelas menggunakan drama komedi di dalam pementasannya. Drama komedi dirasakan lebih pas karena memuat pesan moral sekaligus humor sehingga tidak berat untuk dicerna oleh penontonnya.

Berikut adalah contoh dari naskah drama dengan 5 orang di dalamnya:

Setting atau tema dari drama adalah ruang tamu keluarga yang berisikan ayah, ibu, mbok Pinah, adek,  dan kakak. Semua orang menempati posisinya masing-masing. Ayah dan ibu sedang duduk di kursi, mbok Pinah membersihkan meja, adik dan kakak sedang duduk di bawah.

Adek    : “kak kenapa ikan kok ga tidur-tidur?” tanya adek kepada kakak
Kakak    :”karena ikan matanya melek”. Jawab kakak sekenanya
Adek    : “kenapa ikan ga bisa merem?”
Kakak    :”karena ikan ga punya kelopak mata”.
Adek    : “kelopak itu apa?”
Kakak    : “kelopak itu ya gitu”
Adek    : “Gitu bagaimana?”
Kakak    : “ya pokoknya gitu” jawab kakak dengan ketus karena sudah tidak tahan ditanya terus oleh adiknya.

Akhirnya sebelum adik memberikan pertanyaan lagi maka kakak memberikan jawaban yang sekenanya.

Kakak    : “kalo ikan punya kelopak nanti dikira bunga”

Ruangannya keluarga yang semula hening menjadi ramai oleh gelak tawa semua orang di ruangan tersebut, yaitu ayah, ibu, mbok Pinah dan kakak, kecuali adek yang tidak mengerti tentang hal itu.

Contoh tersebut adalah Contoh naskah drama untuk 5 orang di dalam kelas sebagai pemainnya. Jika ingin membuat cerita atau sebuah drama sendiri, maka juga harus diperhatikan pula bahwa di dalam naskah tersebut harus ada 5 orang pemain meskipun tanpa dialog sama sekali.

Pikirkan juga engenai setting yang pas, menarik tetapi simpel agar persiapan drama juga relatif mudah. Buat naskah drama yang ringan ataupun bisa dengan menggunakan tema keseharian yang ada di sekeliling kita. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Mengenal Syair Kelas Tinggi Sastra Arab
Sebelumnya: Film Perang Salib Richard
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar