Contoh Naskah Film Indie bagian dari Pembuatan Film


Contoh naskah film indie sebagai salah satu pembuatan film yang tidak terlalu banyak aturan baku dalam naskah skenario. Film indie dibuat dengan durasi waktu yang cukup sebentar, 30 menit saja film itu sudah selesai.

Film Indie

Aturan yang diberikan pada film indie ini pun tidak seketat dan semengeri naskah film-film yang memiliki durasi yang cukup panjang dan lama. Jika pada film-film sinetron banyak tuntutan yang harus dikuasai oleh penulis skenarionya, mulai dari pengeditan di waktu itu juga, format tulisan, format cerita dan banyak hal lagi.

Film indie yang tidak memiliki aturan baku yang dijadikan patokan memiliki tujuan lain agar para pembuat film terlahir. Biasannya mereka berawal dari membuat film indie terlebih dahulu sebelum terjun dalam industri perfilman yang besar. Lalu bagaimana  cara penulisan dalam pembuatan film?

Menentukan Ide

Pembuatan film juga ada yang namanya pencarian ide dan pengembangan ide. Sebuah film tidak bisa berjalan apabila tidak ada sebuah cerita. Disinilah letaknya. Fenomena yang sekarang berkembang tentang beberapa novel yang difilmkan ke layar lebar.

Ini menunjukkan bahwa dalam membuat film harus ada cerita terlebih dahulu. Belum ada dan tidak ada sebuah film ditayangkan baru digarap ceritanya, hal yang  tidak mungkin.

Sinopsis

Sinopsis bentuk ringkasan dari keseluruhan cerita yang ingin dituliskan, atau jika ini dalam hal film, maka sinopsis adalah ringkasan dari sebuah film itu sendiri. Sinopsis inilah yang dijadikan oleh industri film untuk menentukan layak tayang atau tidak.  Kunci sinopsis yang baik adalah yang menarik  dan layak untuk di tayangkan.

Penokohan

Saat pembuatan penokohan seorang pembuat cerita harus benar-benar mengetahui karakter tokoh Elisa (misalnya) sebagai tokoh yang antagonis atau protagonis. Setiap tokoh yang baik memiliki karakter yang kuat sendiri-sendiri. Tokoh yang dipersiapkan memiliki karakter yang khas dan yang asal memberikan penokohan akan berbeda, gregetnya akan lebih menggena bagi pemain yang sudah dipersiapkan karakter yang khas darinya.

Sekilas cara membuat film hampir sama dengan cara membuat buku fiktif, hanya berpeda pada beberapa bagian seperti saat dilokasi syuting dan cara pengemasan. Agar lebih memahami tidak ada salahnya belajar lewat contoh naskah film indie sebagai gambaran cara pembuatan naskah film. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Selanjutnya : Menghias Jilbab yang Cantik Model Sekarang
Sebelumnya: Kompas Arah Kiblat Jakarta untuk Menunjukkan Arah Kiblat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar