Contoh Novel

Definisi Dan Ciri-Ciri Novel

Lord of The Rings adalah contoh novel yang murni hasil imajinasi penulis dan menjadi best seller di seluruh dunia. Novel dapat didefinisikan sebagai karya sastra berbentuk prosa naratif yang terdiri dari minimal 40.000 kata atau setara dengan 100 halaman kuarto. Novel berciri khas lebih kompleks daripada cerita pendek, jika cerita pendek memiliki satu konflik dan penokohan yang terdiri dari dua hingga tiga orang, novel dapat memilki beberapa konflik dan penokohan yang diwujudkan dalam beberapa tokoh.

Loading...

Penulisan novel dapat terinspirasi dari murni imajinasi sang novelis, kebudayaan dan adat istiadat suatu bangsa, fenomena yang terjadi dalam masyarakat atau kisah bersejarah yang diceritakan kembali dalam bentuk lebih modern. Sebuah novel tidak hanya ditulis satu orang, beberapa novel ditulis secara duet oleh dua orang novelis atau bahkan lebih seperti diterbitkannya novel Sunyi hasil duet Eni Martini dan Ifa Avianty, Frankfurt To Jakarta yang ditulis oleh Leyla Hana dan Annisah Rasbell, Ping! A Message From Borneo karya Riawany Elyta dan Shabrina WS, Teatrikal Hati karya Rantau Anggun dan Binta Al Mamba serta Negeri Van Oranje karya empat orang sahabat yang pernah tinggal di Belanda.

Cara Menulis Novel

Contoh Novel hasil duet dua penulis membuktikan bahwa tidak hanya menyanyi yang bisa dilakukan bersama, namun menulis fiksi pun bisa terwujud sebagai hasil dari kerjasama. Cara menulis novel yang menarik, baik itu novel dari penulis tunggal maupun duet adalah melalui langkah-langkah berikut ini:

1.    Membuka paragraph dengan kalimat pembukaan yang menarik

Novel yang dibuka dengan kalimat “pagi yang cerah, sinar bagaskara mulai menjejakkan langkah” adalah kalimat yang terlalu biasa. Novel yang dibuka dengan adegan membanting pintu, atau memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi untuk mengejar pencuri akan lebih tampak dramatis di mata pembaca.

2.    Mengembangkan karakter tokoh.

Salah satu faktor yang menarik dari novel adalah pengembangan karakter lebih mendalam. Seorang tokoh novel tak cukup hanya dikisahkan sebagai seorang yang misterius, murung dan pendendam namun masa lalu yang menyebabkan sang tokoh bersikap aneh akan lebih menarik untuk dinikmati.

3.    Memilih kalimat baku dan lugas.

Sebagian besar pembaca lebih menyukai bahasa novel yang langsung to the point daripada cara bertutur yang lugas, dialog dalam novel sebaiknya ditulis singkat, padat namun tetap mengesankan.

4.    Menyiasati plot

Alur cerita adalah faktor paling menentukan dalam menulis novel. Novel bertema petualangan dan detektif tentu lebih menarik untuk dinikmati jika ditulis dengan alur cepat, sedangkan novel roman cenderung memiliki alur agak lambat namun tetap dihiasi konflik agar tidak berkesan monoton.

Contoh novel yang ditulis dengan mempertimbangkan langkah-langkah tersebut adalah novel Tere Liye “Negeri di Ujung Tanduk”, Carrie karya Stephen King yang kemudian diangkat menjadi film layar lebar dan Inferno gubahan Dan Brown.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Paragraf Deduktif Dan Induktif Dalam Bahasa Inggris Dan Dalam Bahasa Indonesia
Sebelumnya: Contoh Nominatif Pendataan Siswa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar