Contoh Pajak Daerah adalah Berikut Ini

Contoh Pajak Daerah adalah Berikut Ini

Sebagian besar orang sudah mengetahui—atau setidaknya familiar—akan berbagai jenis pajak. Mulai dari pajak penghasilan (PPH), pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak pertambahan nilai (PPN), pajak atas penjualan barang mewah (PPNBM), bea materai, hingga bea perolehan hak tanah atau bangunan (BPHTB). Namun, tahukah Anda contoh pajak daerah adalah terdiri atas apa saja?

Pengertian Pajak Daerah

Sebelum kita menyebutkan contoh pajak daerah, kita pahami terlebih dahulu pengertian pajak daerah. Pajak jenis ini terdiri atas dua jenis pajak berdasarkan pemungutannya, yakni pajak negara dan pajak daerah.
Pajak negara, pemungutannya dilakukan dan dikelola oleh pemerintah pusat, sedangkan pajak daerah dilakukan oleh pemerintah daerah (pemda) di setiap wilayah Indonesia.

Contoh Pajak Daerah

PPH, PBB, PPN, (PPNBM), bea materai, dan BPHTB adalah contoh jenis pajak negara, sedangkan pajak daerah dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1.    Pajak Hotel

Landasan hukumnya berdasarkan pada Peraturan Daerah No. 26 mengenai pajak hotel, yang menyebutkan bahwa pajak tersebut termasuk wewenang dari pemda untuk mengelolanya sehingga tergolong sebagai pajak daerah. Begitu pula, penginapan sekelas hotel, seperti cottage (gubuk pariwisata), wisma, losmen, dan rumah kost yang memiliki 15 kamar atau lebih, juga dikenakan pajak hotel.

2.    Pajak Restoran

Landasan hukumnya adalah Peraturan Daerah No. 29 tentang pajak restoran. Adapun besarannya adalah 10 persen yang dibebankan pada pemilik restoran.

3.    Pajak Hiburan

Legalitas pajak ini mengacu pada Peraturan Daerah No.28. Segala bentuk hiburan, seperti bioskop, pagelaran seni tradisional, pameran kebudayaan, pertunjukan musik, tempat bilyar, pertandingan olahraga, dan lain-lain adalah contoh yang tergolong sebagai wajib pajaknya.

4.    Pajak Reklame

Acuannya adalah Peraturan Daerah No.27. Pemerintah daerah diberi wewenang untuk mengorganisir pajak dari pemasangan reklame, baik yang berupa kain, stiker, suara, udara, berjalan, slide film, hingga peragaan.

Contoh pajak daerah adalah seperti yang telah disebutkan secara singkat dalam artikel ini. Semoga informasi mengenai pajak daerah ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Sebuah Contoh Pendahuluan Suatu Karya Tulis Ilmiah
Sebelumnya: Contoh Naskah Drama Kehidupan Sehari hari dan Cara Membuatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...