Contoh Pantun dalam Lagu Kanak-kanak Indonesia


Definisi pantun adalah bentuk puisi lama yang sudah dikenal bangsa Indonesia. Pantun merupakan bentuk dari karya sastra lama. Pantun juga merupakan suatu satra melayu yang sering terdengar bahkan dilestarikan hingga sekarang. Ia memiliki kedudukan yang sangat tinggi sebagai bagian dari sastra melayu lama.

Pantun terdiri atas empat baris, bersajak ab-ab. Bagian dari pantun sendiri terdiri dari dua baris sebagai sampiran dan dua baris terakhir sebagai isi. Sampiran digunakan sebagai kata pengantar untuk menuju isi dengan gaya bahasa yang tidak berkaitan dengan baris kepada pembaca berikutnya. Sedangkan bagian isi digunakan sebagai penyampaian nasehat.

Ciri Khas Pantun

Ciri yang khas dari pantun adalah bunyi atau rima yang ditampilkan. Dengan menggunakan sajak ab-ab, maka pantun dapat dikenali dengan baik. Tulisan karya bumi melayu ini, sangat digemari karena berbeda dari karya sastra lama yang lain. tulisan yang cenderung lebih sedikit, membuat orang mudah untuk mencerna pesan yang disampaikan.

Disamping pantun yang berisi empat baris, ada juga pantun yang terdiri lebih dari empat baris. Pantun seperti ini disebut talibun. Sama seperti pantun empat baris, talibun juga memiliki rima. Rima yang dimiliki talibun adalah rima yang berirama. Sehingga pantun jenis ini banyak dipakai dalam lirik lagu.

Fungsi Pantun

Pantun yang bertindak sebagai pemelihara kesatuan dan kebudayaan bangsa perlu terus dilestarikan. Banyak lagu kanak-kanak yang menggunakan pantun sebagai liriknya. Ini dapat ditemukan di daerah yang memiliki tradisi melayu kental, seperti Sumatera Utara dan Lahat. Budaya melayu yang masih kental, membuat masyarakat sumatera mengembangkan lagu-lagu anak berisi petuah atau nasehat. Tentu saja diharapkan kanak-kanak dapat mengamalkan nasehat yang disampaikan.

Berikut ini beberapa contoh pantun dalam lagu kanak-kanak:

1. Lirik lagu Melayu Dodoi si Dodoi

2. Lirik lagu anak berjudul pantun budi ciptaan Tan Sri SM Salim

Dari lirik lagu kanak-kanak di atas, sangatlah jelas terlihat terdapat pantun di dalamnya. Lagu kanak-kanak tersebut berisikan nasehat-nasehat yang bisa dapat dipahami. Lirik lagu pertama berisi pesan agar anak tenang dan tidak rewel karena merindukan seorang ayah. Sementara pada lagu kedua mengandung nasehat yang bertema budi pekerti.

Sebagai bangsa Indonesia yang baik, sudah selayaknya menjaga dan melestarikan karya sastra ini. Hanya dengan melestarikan warisan budaya inilah identitas negara akan semakin kuat. Bentuk karya sastra lama ini juga tidak akan mudah tergerus jaman jika masyarakat mampu menjaga dengan baik.

Demikianlah sekilas tentang contoh pantun dalam lagu kanak-kanak. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Model Tas Baru
Sebelumnya: Pengertian Google Adsense Dalam Bisnis Online
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar