Contoh Paper Kuliah Pertanian


Contoh paper kuliah pertanian akan dibutuhkan oleh mahasiswa, khususnya pada Fakultas Pertanian. Sebab selama menjalankan kuliah, sudah barang tentu akan dihadapkan pada tugas-tugas pembuatan paper terkait dengan mata kuliah yang diikutinya.

Untuk itu, perlu dipahami bagaimana bentuk paper dalam ilmu pertanian. Biasanya, paper harus dibuat sesuai tata cara baku baik dalam cara pengutipan ataupun penyusunan pustaka. Bagi para mahasiswa, sebaiknya jangan segan menghubungi dosen akademik bila merasa belum paham akan cara pembuatan paper yang ditugaskan oleh dosen.

Secara umum paper menyuguhkan sebuah topik tertentu yang didukung oleh data serta argumen yang sangat valid dan kuat. Topik sebaiknya tidak melebar, juga tidak terlalu sempit. Topik yang dipilih, diupayakan ide orisinil atau merupakan pengembangan topik yang sudah dibahas. Bagi mahasiswa pertanian akan lebih banyak mengangkat topik masalah pertanian dalam pembuatan paper tersebut.

Sementara data, nantinya akan mendukung bahasan paper. Data-data di sini bisa berupa tinjauan pustaka. Argumen merupakan pembahasan dari paper. Pembahasan mesti didukung oleh fakta-fakta serta bukti kuat. Sedangkan argumen nantinya akan dipakai guna memperbaiki data atau berupa pengembangan.

Susunan Sebuah Paper

Setelah memahami substansi dari unsur-unsur paper, berikutnya harus dicermati format paper. Kemungkinan format paper berbeda antara satu universitas dan universitas yang lain. Namun demikian, secara garis besar susunannya relatif sama. Kalaupun ada perbedaan, lebih pada penyebutan istilah. Berikut ini adalah susunan sebuah paper.

•    Abstrak

Ulasan singkat tentang alasan penelitian dilakukan, bagaimana pelaksanaan penelitian, hasil-hasil penting, serta simpulan utama. Pembaca biasanya menilai menarik tidaknya paper dari abstrak ini.

•  Pendahuluan

Mengulas alasan pemilihan topik. Berupa uraian masalah-masalah sehingga penelitian perlu dilakukan.

•  Tinjauan pustaka

Memuat tinjauan serta ulasan singkat atas pustaka yang mendasari penelitian. Tinjauan pustaka juga bisa berupa ulasan singkat terkait dengan dasar teori untuk memahami pembahasan selanjutnya.

•  Metodologi

Membahas detail analisis, desain, serta implementasi penelitian.

•  Uji coba

Menyampaikan hasil uji coba penelitian. Jika dibandingkan dengan hasil penelitian lama akan terlihat keunggulannya.

•  Simpulan

Memuat ringkasan hasil dari penelitian serta jawaban atas hipotesis.

•  Daftar pustaka

Memuat segenap pustaka yang digunakan dalam pembuatan paper.

Untuk contoh paper kuliah pertanian, tentunya topik yang dibahas akan disesuaikan, yakni mengangkat masalah pertanian.

Selanjutnya : Kasih Anak Sepanjang Galah Kasih Ibu Sepanjang Jalan
Sebelumnya: Cara Ngeblur Background Photo Menggunakan Photoshop cs5
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar