Mencari Paper Tugas Dosen dan Panduan Membuatnya

Pengalaman ketika pernah menjadi pelajar, hingga mahasiswa di perguruan tinggi menjadikan kita mengenal beragam kegiatan akademis, evaluasi, maupun tugas akademis penting lainnya. Di antaranya adalah pembuatan karya tulis, makalah, proposal  ataupun paper.

Yang menjadi bahan pembelajaran penting waktu masih mengenyam pendidikan di kampus adalah pemberian contoh paper tugas dosen. Mengingat banyak kejadian paper tugas dosen tidak dikerjakan secara maksimal, atau sekadar asal jadi saja. Akibat tidak disusun secara sistematis, nilainya pun menjadi berkurang sekali.

Mencari Contoh Paper Tugas Dosen

Pada umumnya, sebagian besar mahasiswa yang menimba ilmu di perguruan tinggi selalu disibukkan dengan tugas paper akademik. Sumber paper bisa berasal dari perpustakaan maupun internet.

Adanya contoh paper tugas dosen akan mempermudah pengerjaan tugas. Sebagai panduan, mahasiswa  bisa mengikuti tata cara pengutipan dan penyusunan daftar pustaka yang benar.

Mereka pun tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing bidang akademik jika merasa kurang jelas. Dengan seringnya berkomunikasi secara langsung, akan memudahkan mereka memperoleh  contoh paper tugas dosennya.

Panduan Membuat Paper

Pada umumnya, dosen akan memberikan daftar topik yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Mahasiswa dapat memilih topik sesuai keinginannya dan mata kuliahnya. Topik yang akan dikerjakan pun harus dielaborasi dan diberi batasan yang jelas.

Agar topik tidak terlalu meluas ataupun sebaliknya, mahasiswa disarankan harus mempelajari terlebih dahulu bahan untuk menentukan topik yang dapat didiskusikan. Mereka dapat mengunjungi perpustakaan untuk mencari referensi yang berhubungan dengan tema yang akan dibuat.

Ada juga dosen yang meminta mahasiswanya membuat paper berbentuk outline. Usulan paper ini berisi rencana paper yang hendak ditulis, kemudian pertanyaannya dijawab di dalam paper. Paper tugas berbentuk outline merupakan langkah yang efektif dan baik dilakukan sebelum menulis paper yang sesungguhnya.

Outline dibuat dengan baik akan membantu sekali dalam penulisan paper. Setelah menentukan topik, buatlah rumusan pertanyaan yang akan dibahas. Paper tugas yang baik harus memiliki bahan pertanyaan atau masalah yang jelas berikut argumennya dan kesimpulan berupa jawaban untuk para pembaca nantinya.

Nah, setelah mengetahui panduan membuat paper yang baik dan sistematis, tentunya Anda akan lebih semangat membuat tugas.  Selamat berkarya dengan paper tugas Anda!

Loading...
Selanjutnya : Penjelasan Puisi Tema Persahabatan
Sebelumnya: Cerita Nyata Kisah Kesetiaan Seekor Hewan Kepada Pemiliknya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar