Contoh Paragraf Deduktif Dan Induktif Dalam Bahasa Inggris Dan Dalam Bahasa Indonesia

Membuat contoh paragraf deduktif dan induktif dalam Bahasa Inggris dan dalam Bahasa Indonesia bukan sesuatu yang mudah. Diperlukan pengetahuan terlebih dahulu mengenai pengertian dari deduktif dan induktif.
Penulisan paragraf yang berbentuk deduktif dan induktif adalah belajar secara pasif. Disebut pasif karena tidak dilakukan secara aktif seperti halnya ketika berbicara. Paragraf tersebut digunakan dalam penulisan skripsi, tesis, artikel, dan lain-lain. di Indonesia, paragraf deduktif dan induktif hanya dikenal dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

1. Pengertian Deduktif dan Induktif dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Pengertian paragraf induktif dan deduktif dalam bahasa Inggris dan dalam Bahasa Indonesia sama. Disebut sebagai paragraf deduktif karena kalimat utamanya terletak di awal kalimat. Paragraf ini juga disebut paragraf dengan pola umum-khusus. Paragraf dalam kalimat ini dimulai dengan kalimat yang bersifat umum, kemudian dilanjutkan kalimat yang bersifat khusus. Sedangkan pengertian dari paragraf induktif yakni kalimat utamanya terletak di akhir kalimat. Paragraf ini juga disebut paragraf dengan pola khusus ke umum. Paragraf dalam kalimat ini dimulai dengan kalimat yang bersifat khusus, kemudian dilanjutkan kalimat yang bersifat umum.

2. Cara Membuat Paragraf Deduktif Dan Induktif  Dalam Bahasa Indonesia  dan Bahasa Inggris

Contoh paragraf deduktif dan induktif dalam Bahasa Inggris dan dalam Bahasa Indonesia dapat dibuat dengan mudah jika setiap orang tahu bagaimana cara membuatnya. Hal pertama yang dilakukan untuk membuat kedua jenis paragraf ini yakni dengan menentukan tema pragraf yang ingin dibuat. Tema yang dapat digunakan sangatlah luas, mulai dari tema kebersihan, hiburan, wisata, kekeluargaan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Setelah membuat tema cara langkah yang dilakukan selanjutnya yakni dengan menentukan pokok-pokok isi yan ada di dalam paragraf. Jika ingin membuat paragraf induktif, maka pernyataan umum yang ada di dalam paragraf diletakkan di akhir paragraf. Sedangkan pokok-pokok yang pertama yakni pernyataan-pernyataan khusus. Jika ingin membuat paragraf deduktif maka pernyataan khusus yang ada di dalam paragraf diletakkan di awal paragraf. Sedangkan pokok-pokok yang pertama yakni pernyataan umum yang merupakan inti dari paragraf itu sendiri.

Langkah ketiga yakni mengembangkan pokok-pokok yang ada di dalam paragraf induktif atau deduktif tersebut menjadi paragraf yang utuh, kemudian akan didapatkan contoh paragraf deduktif dan induktif dalam Bahasa inggris dan dalam Bahasa Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Pendahuluan Dalam Pidato Bahasa Inggris Tentang Sambutan Lomba
Sebelumnya: Contoh Novel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar