Contoh Paragraf Naratif pada Pidato

Contoh paragraf naratif pada pidato menekankan pada bagaimana menceritakan suatu peristiwa lebih hidup, dan seolah-olah nyata. Sehingga pembaca yang membacanya seolah-olah ikut di dalam tulisan tersebut.

Paragraf

Masih ingat pelajaran Bahasa Indonesia di bangku sekolah? Di sana ada 5 paragraf yang harus dipelajari secara dalam. Ketika lima jenis tersebut dapat dipelajari, maka dengan mudah akan bisa menulis paragraf lebih mudah.

Kelima paragraf tersebut memiliki keunggulan dan dapat digunakan untuk menuliskan sebuah idea tau gagasan dari yang bersifat fiktif sampai nyata. Mempermudah mempelajarinya, perhatikan jabarannya, perhatikan paragraf dibawah ini

Paragraf Deskripsi

Paragraph deskripsi adalah paragraf yang ditulis secara detail. Ketika pembaca membaca merasakan bahwa dia seolah-olah merasakan secara langsung di dalamnya, dan seolah-olah melihat dan mendengarnya langsung, maka itulah yang disebut dengan paragraf deskripsi. Tulisan yang detail inilah yang membuat pembaca tahu dan seolah ikut merasakannya.

Paragraf Narasi

Paragraph narasi seperti yang sempat di paparkan di paragraf paling awal. Cerita narasi satu ini lebih bersifat fiktif, seperti kancil pencuri timun, timun emas atau cerita fiktif yang lain. tentu saja cerita-cerita tersebut dikemas dan disajikan lebih hidup, sehingga pembaca bisa merasakan secara langsung.

Paragraph Argumentasi

Paragraph Argumentasi adalah paragraf berupa gagasan atau masih dalam bentuk sebuah penemuan ide. Dimana ide-ide tersebut diungkapkan lewat tulisan/lisan dengan menyertakan bukti-bukti yang ada. jadi sebuah argumentasi yang benar-benar memiliki landasannya. Tidak asal omdong (Omong Doang).

Paragraph Persuasi

Paragraph persuasi merupakan sebuah tulisan yang memiliki tendensi untuk mempengaruhi pembaca atau orang lain agar mengikuti keinginan si penulis seperti apa yang diinginkan. Pernah membaca buku-buku motivasi? Buku motivasi itulah salah satu tulisan yang akan ditemui paragraf persuasi di dalamnya.

Paragraph Eksposisi

Paragraph eksposisi adalah paragraf yang menjabarkan sebuah informasi, ilmu pengetahui secara menyeluruh dan terekspose. Tujuan dari paragraf ini adalah memberikan informasi kepada pembaca terkait tema yang dituliskannya.

Inilah sekilas tentang paragraf dan satu ulasan contoh paragraf pada pidato. Kuncinya saat menuliskan paragraf pada pidato perhatikan inti pesan yang ingin disampaikan dan lihat audience, apakah orangtua, remaja atau intelek, hal ini perlu agar tidak salah tema. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Cara Membuat Bedak Menempel Lebih Lama
Sebelumnya: Cara Membuat Gambar Keren Photoshop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar