Contoh Paragraf Persuasif Induktif pada Penelitian Ilmiah


Paragraf merupakan kumpulan kalimat yang berisi suatu gagasan. Yang dimaksud paragraf persuasif induktif adalah suatu gagasan yang sifatnya mengajak atau membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan penulis dan penulisannya dimulai dari peristiwa yang khusus untuk menuju kesimpulan umum.

Biasanya menggunakan pendekatan emosi agar bisa membangkitkan dan merangsang emosi pembaca. Paragraf di bawah ini adalah contoh paragraf persuasif induktif pada penelitian ilmiah tentang antibiotik.

Obat antibiotik digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik akan bekerja membunuh bakteri atau menghambat pertumbuhan bakteri sehingga antibodi dalam tubuh bisa memerangi bakteri tersebut.

Obat antibiotik yang diberikan akan bekerja secara bertahap. Jika tahapan untuk menghambat pertumbuhan bakteri belum tuntas maka bakteri akan membentuk kekebalan terhadap antibiotik dengan dosis yang sama.

Sehingga pemberian antibiotik yang berikutnya harus menggunakan dosis yang lebih besar dari sebelumnya. Maka dari itu obat antibiotik yang telah diresepkan harus dihabiskan agar pengobatan bisa tuntas.

Kalimat utama dan kalimat penjelas pada paragraf tersebut sangat terlihat perbedaannya. Kalimat utama yang merupakan keinginan penulis adalah pada kalimat maka dari itu obat antibiotik harus dihabiskan agar pengobatan bisa tuntas.

Kalimat-kalimat sebelumnya merupakan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama yang menjelaskan mengapa obat antibiotik harus dihabiskan.

Ciri-ciri paragraf persuasif induktif yaitu bersifat mengajak atau membujuk, menyebutkan peristiwa khusus terlebih dahulu, menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa khusus, kesimpulan secara umum terletak di akhir paragraf, gagasan utama diletakkan pada kalimat utama, kalimat penjelas diletakkan sebelum kalimat utama yang mengungkapkan peristiwa khusus, gagasan utama didukung oleh kalimat penjelas.

Jenis paragraf persuasif induktif antara lain adalah generalisasi, analogi, klasifikasi, perbandingan dan sebab akibat. Sebab akibat terbagi lagi menjadi sebab akibat, akibat sebab dan sebab akibat 1 akibat 2.

Pengetahuan jenis-jenis paragraf diperlukan jika ingin membuat laporan penelitian ilmiah agar tulisan yang dibuat menjadi berbobot serta dapat tepat menuju sasaran yang diinginkan oleh penulis. Paragraf yang telah dibahas di atas adalah paragraf persuasif induktif dan disertai contoh paragraf persuasif induktif.

Selanjutnya : Cara Memanjakan Kucing
Sebelumnya: Lagu-lagu Lawas dan Di Situs Mana Bisa Mendonwload Lagu Lawas?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar